Jumat, 10 Mar 2017 07:51 WIB

Ikutan YouTube, Vimeo Sajikan Konten Video 360

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Munculnya berbagai model headset virtual reality (VR) membuat YouTube menghadirkan fitur video 360 derajat di tahun 2015 lalu. Langkah ini pun baru diikuti oleh Vimeo di awal tahun 2017.

Sekedar informasi, video 360 derajat memungkinkan Anda menonton seolah dari sudut pandang orang pertama. Dengan demikian, Anda bisa puas melongok ke berbagai sisi, mulai atas, bawah, depan, belakang, dan lain-lain.

Tak hanya untuk video wisata, video 360 derajat telah dimanfaatkan oleh sejumlah musisi dan sineas dalam membuat video klip. Di Indonesia, idol group JKT48 juga pernah membuat video musik 'Hanya Lihat ke Depan' dengan format 360 derajat yang diunggah ke YouTube.


Tentu saja YouTube bukan satu-satunya platform video yang ada di muka bumi ini. Vimeo pun mencoba untuk mengikuti langkah YouTube. "Kami ingin memberdayakan semua kreator video, memulai untuk bereksperimen dengan teknik 360 yang baru, dan mulai berbagi," tulis perusahaan dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (10/3/2017).

Menurut keterangan, pengguna Vimeo bisa menikmati konten video 360 derajat ini melalui perangkat mobile atau komputer, dan juga headset virtual reality macam Cardboard dan Samsung Gear VR.

"Aplikasi Android dan iOS kami bisa tersambung dengan semua headset: yang Anda lakukan hanya men-tap ikon headset di mobile player, atau scan QR code di headset Anda, dan kami akan memastikan video ter-render dengan baik," tutur Vimeo.

(mag/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed