BERITA TERBARU
Jumat, 10 Mar 2017 07:51 WIB

Ikutan YouTube, Vimeo Sajikan Konten Video 360

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Munculnya berbagai model headset virtual reality (VR) membuat YouTube menghadirkan fitur video 360 derajat di tahun 2015 lalu. Langkah ini pun baru diikuti oleh Vimeo di awal tahun 2017.

Sekedar informasi, video 360 derajat memungkinkan Anda menonton seolah dari sudut pandang orang pertama. Dengan demikian, Anda bisa puas melongok ke berbagai sisi, mulai atas, bawah, depan, belakang, dan lain-lain.

Tak hanya untuk video wisata, video 360 derajat telah dimanfaatkan oleh sejumlah musisi dan sineas dalam membuat video klip. Di Indonesia, idol group JKT48 juga pernah membuat video musik 'Hanya Lihat ke Depan' dengan format 360 derajat yang diunggah ke YouTube.


Tentu saja YouTube bukan satu-satunya platform video yang ada di muka bumi ini. Vimeo pun mencoba untuk mengikuti langkah YouTube. "Kami ingin memberdayakan semua kreator video, memulai untuk bereksperimen dengan teknik 360 yang baru, dan mulai berbagi," tulis perusahaan dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (10/3/2017).

Menurut keterangan, pengguna Vimeo bisa menikmati konten video 360 derajat ini melalui perangkat mobile atau komputer, dan juga headset virtual reality macam Cardboard dan Samsung Gear VR.

"Aplikasi Android dan iOS kami bisa tersambung dengan semua headset: yang Anda lakukan hanya men-tap ikon headset di mobile player, atau scan QR code di headset Anda, dan kami akan memastikan video ter-render dengan baik," tutur Vimeo.

(mag/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Erajaya Masih Meraba Segmen Wearable

    Erajaya Masih Meraba Segmen Wearable

    Jumat, 24 Mar 2017 15:52 WIB
    Pemilik jaringan distributor ponsel terbesar di Indonesia Erajaya mengaku masih meraba-raba kebutuhan konsumen di segmen wearable gadget dan juga IoT.
  • Ketika Advan G1 Diajak Motret di Alam Bebas

    Ketika Advan G1 Diajak Motret di Alam Bebas

    Jumat, 24 Mar 2017 15:35 WIB
    Anggapan ponsel brand lokal berkualitas seadanya coba ditepis Advan pada ponsel teranyarnya, G1. Caranya, dengan menjajal kemampuan tersebut di alam bebas.
  • Teman Melinda Gates Geli Makan Rambutan

    Teman Melinda Gates Geli Makan Rambutan

    Jumat, 24 Mar 2017 14:08 WIB
    Dalam kunjungan ke Indonesia, Melinda Gates ditemani Susan Desmond Hellman CEO Bill & Melinda Gates Foundation. Dia geli saat akan memakan rambutan.
  • TiPhone Ikut Boyong iPhone 7

    TiPhone Ikut Boyong iPhone 7

    Jumat, 24 Mar 2017 13:59 WIB
    Tiphone Mobile Indonesia melalui dua anak perusahaannya, Telesindo Shop dan Megafon, ternyata ikut menawarkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.
  • iPhone 8 Diprediksi Meledak

    iPhone 8 Diprediksi 'Meledak'

    Jumat, 24 Mar 2017 13:30 WIB
    iPhone 8 kemungkinan besar diluncurkan bulan September mendatang. Meski masih jauh, penerus iPhone 7 itu diprediksi mendapat sambutan hangat.
  • Google Asisstant Menyapa OnePlus 3 dan 3T

    Google Asisstant Menyapa OnePlus 3 dan 3T

    Jumat, 24 Mar 2017 12:42 WIB
    Dalam perkembangannya, Google Assistant tak hanya untuk Google Pixel. Fitur ini kemudian merambah ke lebih banyak ponsel, antara lain OnePlus 3 dan 3T.