Tokopedia, Bukalapak dan JD.id Tumbang Bersamaan

Tokopedia, Bukalapak dan JD.id Tumbang Bersamaan

Yudhianto - detikInet
Rabu, 01 Mar 2017 18:34 WIB
Foto: Screenshot Tokopedia
Jakarta - Sejumlah pengguna mengeluhkan masalah terhadap tiga e-commerce ternama. Tokopedia, Bukalapak dan JD.id dipastikan tidak bisa diakses sejak beberapa jam lalu.

Adapun Tokopedia telah secara resmi mengonfirmasi masalah ini lewat akun Twitter-nya. Disebutkan tengah terjadi kendala pada sistem dan juga server miliknya. Pihak Tokopedia mengaku sedang melakukan penanganan dan meminta pengguna untuk melakukan pengecekan secara berkala.

"Hi, maaf atas kendalanya. Saat ini sedang terjadi kendala pada sistem dan server Tokopedia," cuit @tokopedia menanggapi pertanyaan salah satu penggunanya.

"Namun, kendala ini sudah dalam penanganan tim terkait. Mohon menunggu dan cek berkala ya. Terima kasih," kicau situs e-commerce ini lagi.

Tapi Tokopedia bukan satu-satunya situs e-commerce yang tumbang. Secara bersamaan Bukalapak ternyata mengalami hal serupa. Seperti pesaingnya, Bukalapak juga telah mengakui masalah yang dialami layanannya lewat akun Twitter-nya.

Dalam penjelasannya, Bukalapak mengaku kalau situsnya tidak bisa diakses lantaran sedang dilakukan perbaikan.

"[INFO] Mohon maaf atas ketidaknyamannya, website Bukalapak sedang tidak bisa diakses sementara karena sedang ada perbaikan," tulis @bukalapak di halaman Twitter.

Sementara itu situs e-commerce ketiga yang diketahui juga tengah tumbang ada JD.id. Kunjungan detikINET ke situs e-commerce asal China itu sore ini hanya berujung pesan tidak bisa diakses. Head of Corporate Communications JD.id Teddy Arifianto juga membenarkan adanya masalah akses ke situs JD.id.

"Down sejak sore tadi. Di mobile apps masih bisa, kalau via web sampai saat ini masih recovery. Kita lagi cek," sebutnya.

(yud/rou)