Selasa, 28 Feb 2017 18:01 WIB

Qlue Mulai Terima Keluhan Warga Manado

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jakarta - Qlue, aplikasi pelaporan warga yang selama ini dipakai di Jakarta, mulai melebarkan sayap karena fungsinya mulai digunakan oleh warga Manado.

Keberadaan Qlue di Ibu Kota Sulawesi Utara itu sebagai langkah awal menuju implementasi smart city, yakni Manado Cerdas. Adanya Qlue, diharapkan memberi dampak pada peningkatan layanan pemerintah di seluruh perangkat daerah Pemerintah Kota Manado.

Wakil Wali Kota Manado Dominus Bastian menuturkan, setelah terpilih menjadi Kepala Daerah, pihaknya langsung mengadakan Rapat Koordinasi Evaluasi Baseline Kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado.

"Dari rapat itu kami melihat kebutuhan akan sebuah sistem untuk dapat meningkatkan layanan pemerintah yang melibatkan partisipasi warga," ujar Dominus melalui siaran pers yang diterima detikINET, Selasa (28/2/2017).

Qlue Mulai Terima Keluhan Warga ManadoFoto: Qlue


"Mengetahui solusi smart city yang dimiliki Qlue, akhirnya kami perlahan bersama membangun progam Manado Cerdas, mulai dari mempelajari sistem yang telah diterapkan Qlue di Jakarta Smart City, pembangunan data center Manado hingga pelatihan terhadap Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Manado terkait penggunaan Qlue," tuturnya.

Ke depannya, Pemerintah Kota Manado akan lebih fokus kepada implementasi yang efektif dan berdampak nyata, di mana Qlue menjadi aplikasi yang dapat memfasilitasi ekspektasi masyarakat terhadap pemerintah terhadap layanan publik.

Marketing Communication Qlue Indonesia Rilia Marina mengatakan, Qlue menyatakan antusiasnya terhadap kerjasama dengan Pemerintah Kota Manado. Disampaikannya, meningkatkan partisipasi warga dalam sebuah perubahan kota yang lebih baik lagi adalah visi utama sejak Qlue berdiri.

"Antusiasme Pemerintah Kota Manado terhadap implementasi Qlue untuk program Manado Cerdas tentu menambah semangat positif bagi kami, dan semoga nantinya antusiasme ini dapat merambah secara positif ke kota-kota lain di Indonesia.

"Kami selalu siap membantu kota-kota di Indonesia untuk mewujudkan perubahan kota yang melibatkan partisipasi publik dengan pemanfaatan teknologi," tutup Rilia. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed