Kesalahan Fatal Pengumuman #Oscars, Netizen Bela Warren Beatty

Kesalahan Fatal Pengumuman #Oscars, Netizen Bela Warren Beatty

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 27 Feb 2017 13:11 WIB
(Foto: REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta - Puncak perhelatan Oscar sempat diwarnai momen mengejutkan ketika aktor senior Warren Beatty yang tampil bersama aktris senior Faye Dunaway salah mengumumkan pemenang Best Picture.

Dalam hashtag #Oscar yang menempati urutan teratas trending topic dunia di Twitter, netizen membahasnya. Momen ini mirip dengan yang terjadi pada pengumuman Miss Universe 2015 lalu, ketika presenter Steve Harvey salah menyebutkan pemenang. Sebagian ada yang membuat meme membandingkannya dengan Steve Harvey. Namun banyak yang membela Warren Beatty karena ini bukan kesalahannya.

Kesalahan Fatal Pengumuman #Oscar, Netizen Bela Warren Beatty Foto: REUTERS/Lucy Nicholson


"The greatest shame tonight is that people are still blaming #WarrenBeatty. The dude was literally handed the WRONG envelope! #Oscars," kata pengguna Twitter dengan nama akun @davidstorch.

"Price Waterhouse Coopers: You have got some SPLAININ' TO DO! #Oscars Snafu. #WarrenBeatty given wrong envelope," tulis @PamelaBwell


"Look at Warren Beatty check the envelope a second time. He knew something was wrong #Oscars,"
bela @HawkeOnAir

"Poor #WarrenBeatty - he got given the wrong card. Look at how confused he is. He even looks for a second card in the envelope!!! #Oscars," komentar @wearewildfang.

"Poor #WarrenBeatty. Hope everyone realizes that they gave him the wrong card, it wasn't his fault. Happy for #Moonlight though! #Oscars," ‏@LaurenS702 pun ikutan membelanya.


Kesalahan Fatal Pengumuman #Oscar, Netizen Bela Warren Beatty Foto: Kevin Winter/Getty Images


Mereka yakin bahwa aktor berusia 79 tahun tersebut diberi amplop yang salah. Sejumlah netizen bahkan menyertakan video rekaman yang memperlihatkan bahwa Warren sempat dua kali mengecek amplop dan tulisan dalam amplop sebelum mengumumkannya.

Tingkah Warren tersebut malah disangka sebagai candaan untuk mencairkan ketegangan jelang pengumuman pemenang. Akhirnya Warren menyerahkan amplop tersebut untuk dibaca pasangannya di atas panggung, Faye Dunaway, yang menyebutkan La La Land sebagai pemenang Best Picture.

Ketika seluruh tim produksi La La Land merayakannya dan bersiap untuk pidato kemenangan, kru perhelatan meralat pemenang yang sontak membuat seluruh hadirin terkejut. Warren sendiri kemudian berbicara untuk meyakinkan hadirin adanya kesalahan tersebut.

"Saya ingin beritahukan apa yang sebenarnya terjadi. Ketika membuka amplop, saya melihat tulisan Emma (aktris Emma Stone), La La Land. Itu sebabnya saya cukup lama saling pandang dengan Faye, juga kepada Anda semua. Saya tidak berusaha melucu. Moonlight (pemenang) The Best Picture," ujarnya menjelaskan.






Kesalahan Fatal Pengumuman #Oscar, Netizen Bela Warren Beatty


Di penghujung acara, piala Oscar akhirnya diserahkan kepada pemenang sebenarnya yakni tim Moonlight yang sukses mengalahkan delapan film lain yakni Fences, Manchester By The Sea, Hacksaw Ridge, Arrival, Hidden Figures, Lion, juga La La Land.

Sementara itu, La La Land sendiri sudah mendominasi dengan memenangkan 6 kategori Oscar, sehingga wajar jika euforia film yang dibintangi Emma Stone dan Ryan Gosling tersebut begitu terasa di ajang penghargaan film paling bergengsi tersebut.

Tanpa adanya insiden ini pun, perhelatan Oscar memang selalu menarik perhatian. Hal ini setidaknya terlihat dari perbincangan yang berseliweran di Twitter. Percakapan berkaitan momen Oscar mendominasi deretan trending topic Twitter.

Selain #Oscar, topik lainnya yang berderet di trending topic ini adalah Casey Affleck, #Moonlight, Emma, City of Stars, #GrandeRio, John Legend, #BestPicture, #ManchesterByTheSea dan Jennifer Aniston. (rns/fyk)