Sabtu, 04 Feb 2017 14:25 WIB

Jukir Tawarkan Solusi Parkir Liar dalam Genggaman

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Dok. Jukir Foto: Dok. Jukir
Jakarta - Parkir liar seolah menjadi fenomena dan wajah sehari-hari di ibukota Jakarta. Melihat permasalahan ini, sebuah startup yang menamakan dirinya Jukir mencoba untuk mengatasinya dengan merilis aplikasi mobile yang diberi nama Jukir.

Seperti diketahui, berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Mabes Polri, kendaraan di Indonesia berjumlah 115.000 unit dengan jumlah pertumbuhan rata-rata 10% per tahun. Dengan jumlah volume kendaraan yang tinggi itu, maka potensi pendapatan dari di Indonesia antara Rp 19 triliun per tahun.

Namun sayangnya, di sini terjadi ketidak transparan antara pengelola parkir dengan juru parkir, sehingga menyebabkan terjadinya penyelewengan pendapatan juru parkir itu sendiri. Menurut Founder Jukir, Budi Hartono, penyelewengan terjadi karena sistem parkiran yang ada masih jauh apa yang diharapkan.

"Dengan adanya aplikasi Jukir, Pemerintah Daerah bisa dengan transparan melihat pendapatan parkir secara real time. Di sisi lain membuka peluang kerja para juru parkir liar untuk menjadi juru parkir profesional, sekaligus dapat mengoperasikan smartphone," ujar Budi di Jakarta, Sabtu (4/2/2017).

Aplikasi Jukir diklaim sebagai solusi sistem perparkiran di Indonesia yang dibuat dengan teknologi berbasis manusiawi. Hadirnya Jukir juga disebut mendukung gerakan cashless yang selama ini digemborkan oleh berbagai pihak. Meski begitu, pengguna aplikasi ini juga bisa membayar dengan menggunakan uang tunai.

"Aplikasi Jukir ini menjadi yang pertama kali di dunia, dimana pendapatan daerah dan keberadaan juru parkir liar dapat diintegrasikan kedalam satu sistem yang transparan," tuturnya.

One Stop Solution

Direktur Komersial Jukir Arif Fadilah (kanan), menyaksikan seorang juru parkir melakukan transaksi melalui smartphone dengan seorang pengendara mobil.Direktur Komersial Jukir Arif Fadilah (kanan), menyaksikan seorang juru parkir melakukan transaksi melalui smartphone dengan seorang pengendara mobil. Foto: Dok. Jukir


Selain bisa berfungsi sebagai alat pemesanan parkir dan pembayaran parkir, aplikasi ini hadir sebagai one stop solution, di mana bisa melayani pembelian pulsa, tiket konser, tiket kapal, token listrik, transfer dan penarikan tunai, atau transaksi lainya secara online.

Fitur Jukir juga memberikan keamanan dan kenyamanan kendaraan karena dilindungi oleh asuransi.

Tak ketinggalan, Jukir juga membuat layanan Ju Space, yang menjadi solusi mereka yang memiliki lahan kosong untuk dijadikan parkiran. Melalui layanan Ju Space, yang ingin menjadi mitra baik di perkantoran maupun perumahan Jukir dapat membantu pengelolaannya.

Fitur lainnya diberi tajuk Ju Buy yang menawarkan fasilitas drive-thru bagi toko pengecer dan restoran, sekaligus menangani pemesanan dan pembayaran. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu berputar-putar mencari parkir.

Sementara fitur Ju Valet dapat melakukan reservasi valet dengan menggunakan aplikasi. Ju Valet siap berkerja dengan mitra atau perusahaan jasa valet yang tersebar di kota-kota besar Indonesia.

Fitur aplikasi juga menggendong Ju Park N Ride di mana semua pengguna jasa parkir dapat melakukan pemesanan di lokasi tempat parkir penitipan. Kendaraan mobil atau motor Anda akan dilindungi oleh asuransi dan fasilitas lainnya seperti penitipan helm dan pencucian kendaraan.

Jukir saat ini telah resmi beroperasi dan segera beroperasi di delapan kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang, Bandung, Palembang, dan Pangkal Pinang. Rencananya akan dilakukan pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang. (mag/mag)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed