Senin, 16 Jan 2017 15:24 WIB

Blokir Akun Habib Rizieq dan FPI, Twitter: Ada Laporan Pelanggaran

Nathania Riris Michico - detikInet
Foto: Ilustrasi: Andhika Akbaryansyah Foto: Ilustrasi: Andhika Akbaryansyah
Jakarta - Akun Twitter imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dengan nama @syihabrizieq tidak dapat diakses, begitu pula dengan akun @DPP_FPI dan @HumasFPI. Apabila meng-klik akun tersebut, maka akan muncul keterangan 'Sorry that user is suspended'.

Apabila dibuka dari laman website Twitter, juga akan muncul keterangan 'This account has been suspended'. Kenapa akun-akun itu di-suspend?

Akun Habib Rizieq dan DPP FPI Di-suspend, Ini Penjelasan TwitterFoto: Screenshot Twitter


Akun Habib Rizieq dan DPP FPI Di-suspend, Ini Penjelasan TwitterFoto: akun Twitter disuspend


"Kami memiliki peraturan serta Terms of Services yang menjelaskan bagaimana platform ini dapat memberikan manfaat sekaligus melindungi para pengguna," kata perwakilan Twitter Indonesia kepada detikcom, Senin (16/1/2017).

"Dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna di Twitter, kami dapat menangguhkan akun yang melanggar Peraturan Twitter. Penangguhan akun terjadi berdasarkan laporan-laporan yang kami terima dari pengguna melalui prosedur pelaporan pelanggaran yang kami miliki (https://support.twitter.com/articles/15789)," jelasnya.

Carlita menjelaskan laporan-laporan yang masuk diproses secara seksama oleh tim Twitter di San Fransisco (Amerika Serikat) dan Dublin (Irlandia). Jika terbukti melanggar peraturan Twitter, maka sebuah akun dapat ditangguhkan.

"Apabila sebuah akun ditangguhkan, pengguna tersebut akan mendapat notifikasi dari Twitter. Pengguna terkait dapat mengajukan banding jika merasa tidak melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Twitter maupun Terms of Service," ujarnya.

Pengguna yang di-suspend, lanjut Carlita, dapat melakukan BRIM (Block, Report, Ignore, Mute) terhadap konten atau akun yang membuat mereka tidak nyaman.

"Kami berharap pengguna Indonesia tidak sungkan melaporkan akun atau konten yang tidak sesuai dengan Peraturan Twitter, demi terciptanya Twitter yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh pengguna," tambahnya.

Atas beberapa informasi ini, Carlita berharap pengguna Twitter dapat lebih pintar dalam mengkases informasi dan berekspresi.

Hal-hal yang disebut diatas juga dapat diakses melalui https://support.twitter.com/articles/20170134 dan di tautan berikut: https://support.twitter.com/articles/15790.

(nth/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed