Minggu, 15 Jan 2017 13:32 WIB

Opera Beberkan Konsep Browser Masa Depan

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Dok. Opera Foto: Dok. Opera
Jakarta - Browser kini sudah mulai ketinggalan zaman. Yang kita gunakan sekarang ini, berasal dari milenium yang silam, masa ketika internet masih penuh dengan dokumen dan halaman.

Hal ini diungkapkam Krystian Kolondra, Head of Opera Browser. Dikatakan Kolondra, sejak kemunculannya dua puluh tahun lalu, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita.

"Setiap hari miliaran orang di dunia mengakses internet dengan browser favorit mereka. Namun demikian, internet terus berubah, maka demikian pula harusnya browser," sebut Kolondra.

Menjawab masalah tersebut, Opera pun menghadirkan Opera Neon yang menampilkan visi mereka tentang masa depan internet.

Opera Neon adalah browser konsep yang dibangun dari sistem browser yang sama dengan Opera, dan dirancang untuk memungkinkan penggunanya fokus pada bagian yang paling penting dari internet, yakni konten.

Browser ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman menyenangkan dalam berinteraksi dengan konten web, termasuk kemampuan untuk menarik dan memindahkan berbagai hal, bahkan memunculkan konten dari web.

Interface yang sepenuhnya baru yang bisa ditemukan di Opera Neon antara lain:

  • Laman awal yang menggunakan latar belakang gambar desktop Anda saat itu
  • Sebuah sidebar dengan pemutar video, galeri gambar, dan download manager di sisi kiri
  • Sebuah tampilan baru untuk tab bar di sisi kanan dari jendela browser, membuatnya lebih mudah untuk membedakan dengan tab yang relevan
  • Sebuah sistem cerdas yang dapat mengatur tab secara otomatis. Layaknya gravitasi, tab yang sering digunakan akan muncul di bagian atas, sedangkan tab yang jarang digunakan terbenam ke dasar
  • Sebuah omnibox baru yang mendukung mesin pencarian terkemuka dan pencarian terbuka

Selain itu, cara-cara baru dalam menikmati konten web juga telah ditambahkan:

  • Video pop-out yang memungkinkan pengguna untuk menonton video ketika berada di laman web lain
  • Snap to gallery - lakukan snapshot dan potong bagian mana pun dari sebuah laman web dan simpan ke dalam galeri untuk digunakan kemudian
  • Sebuah mode tampilan split screen yang memungkinkan dua laman berbeda untuk dibuka dan digunakan dalam waktu bersamaan.

Opera menegaskan, Opera Neon tidak akan menggantikan
browser Opera. Akan tetapi, beberapa dari fitur terbarunya kemungkinan akan ditambahkan ke dalam Opera dalam waktu dekat.

Konsep Opera Neon bisa dijajal dengan mendownloadnya secara gratis untuk versi Windows dan Mac di tautan www.opera.com/neon. Berikut adalah video seperti apa gambaran konsep Opera Neon.

(rns/asj)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed