BERITA TERBARU
Sabtu, 14 Jan 2017 15:17 WIB

Benahi Bima Pasca Banjir, BNPB Gandeng Aplikasi Qlue

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: BPBD NTB Foto: BPBD NTB
Jakarta - Pasca diterjang banjir bandang pada tanggal 21 Desember 2016 lalu, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat masih dalam kondisi tanggap darurat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun berinisiatif untuk menggandeng aplikasi Qlue dalam menanggulangi kerusakan di Bima.

Seperti diketahui, Qlue merupakan aplikasi yang dipakai oleh pemerintah DKI Jakarta sebagai sarana penampung keluhan warga. Namun, di luar itu Qlue memiliki fungsi lain yang tak kalah bermanfaat.

Dalam kasus ini, BNPB memanfaatkan Qlue sebagai aplikasi pelaporan dan pemetaan kerusakan kota yang diakibatkan oleh banjir. Dengan kerjasama ini, warga Bima bisa berpartisipasi terhadap pemulihan kotanya dengan cara melaporkan kerusakan disekitarnya melalu aplikasi Qlue, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh petugas dan relawan.

"Kehancuran dan kerusakan Kota Bima akibat banjir bandang yang lalu bisa terbilang massive, sehingga diperlukan satu sistem yang dapat mempermudah dan membuat pemulihannya efisien. Pemulihan yang lambat dikhawatirkan menimbulkan masalah baru, seperti lumpuhnya kegiatan masyarakat hingga penyebaran penyakit. Disinilah aplikasi Qlue berperan, memberikan sistem yang pelaporan dan pemetaan kerusakan yang terintegrasi," ujar B. Wisnu Widjaja selaku Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, dalam keterangannya, Sabtu (14/1/2017).

Benahi Bima Pasca Banjir, BNPB Gandeng Aplikasi QlueFoto: internet

Dengan Qlue, warga bisa melaporkan kerusakan mana saja yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Setelah laporan diterima, petugas dan relawan akan datang untuk menindaklanjuti laporan kerusakan tersebut.

"Pemanfaatan aplikasi Qlue ini membuat proses pemulihan Kota Bima lebih accountable," lanjut Wisnu.

Sementara itu, Ivan Tigana selaku Chief of Marketing and Sales Officer Qlue Indonesia mengatakan bahwa Bima menjadi kota pertama yang belakangan ini baru disadari bisa terbantu dengan keberadaan aplikasi Qlue. "Melalui kerjasama ini, aplikasi Qlue dengan BNPB berkomitmen akan membantu kota-kota di Indonesia yang terkena musibah untuk pulih dengan cara yang efektif, efisien, dan transparan," pungkasnya. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed