Rabu, 04 Jan 2017 19:07 WIB

Domain Fitsahats 'Diamankan' Pizza Hut

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Kalimat Fitsa Hats menjadi viral di dunia maya. Tak mau kehilangan momen, Pizza Hut pun langsung mengamankan nama tersebut.

Restoran khas makanan Italia itu bukan mematenkan nama Fitsahats. Tapi menggunakan kata tersebut untuk dijadikan nama domain.

Pantauan detikINET di beberapa situs pemindaian pemilik situs, Rabu sore (4/1/2017), terdapat domain fitsahats.id. Domain tersebut didaftarkan pada 3 Januari 2017 oleh PT Cloud Hosting Indonesia.

Domain Fitsahats 'Diamankan' Pizza HutFoto: detikINET


Ketika ditelusuri lebih lanjut fitsahats.id ternyata telah dimiliki oleh pizza.co.id. Situs pizza.co.id sendiri merupakan laman resmi miliki Pizza Hut.

Saat ini detikINET coba mengkonfirmasi lebih lanjut soal ini ke Pandi sebagai lembaga pengelola domain di Indonesia serta Pizza Hut.

Sebelumnya telah diberitakan kalau nama Fitsa Hats dalam waktu singkat langsung jadi pembicaraan seru di media sosial sepanjang Selasa malam (3/1/2017). Adapun nama Fitsa Hats sendiri beranjak populer pasca persidangan keempat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Nama saksinya Habib Novel. Dia kerja dari tahun 92 sampai 95 di Pizza Hut. Tapi mungkin karena dia malu kerja di Pizza Hut karena itu punya Amerika, dia sengaja menuliskan Fitsa Hats," kata Ahok usai sidang.

"Dia sengaja ubah. Ini saya kasih lihat. Saya sampai ketawa. Dia ngakunya nggak perhatikan, padahal dia tanda tangan semua. Saya kira dia malu karena dia bilang tidak boleh dipimpin oleh orang yang nggak seiman, yang kafir" sambung Ahok sembari memegang berkas identitas Novel.

Gara-gara ucapan Ahok itu, netizen pun ramai berkomentar dan meme-meme soal Fitsa Hats bermunculan di berbagai akun medsos seperti Twitter, Instagram dan Facebook. Sore ini pukul 15.25 WIB hastag #fitsahats masih merajai trending topic di Twitter.

Novel sudah dikonfirmasi detikcom mengenai tulisan Fitsa Hats di BAP ini. Dia mengatakan penulisan Fitsa Hats dalam identitas berita acara pemeriksaan (BAP) saksi luput dari perhatiannya.

"Saya waktu itu kurang perhatiin karena kan saya tanda tangan, ada 6 lembar. Ya nggak mungkin, satu per satu huruf saya teliti," kata Novel saat dihubungi detikcom, Selasa (3/1) malam.

Novel menjelaskan nama tempat bekerjanya dahulu bukan Fitsa Hats, melainkan Pizza Hut, di wilayah Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Ia bekerja di restoran tersebut pada 1992-1995 sebagai maintenance mesin di dapur.

"Pizza Hut Park Royal, daerah Farmasi, Bendungan Hilir. Samping RSAL. Saat itu saya kuliah sambil kerja. Saya bekerja sebagai maintenance mesin di kitchen. Karena saya STM mesin, jadi maintenance produksi. Mesin yang menunjang kerja di dapur dan juga kendaraan operasional," jelas Sekjen Ketua Dewan Syuro DPP FPI Jakarta itu.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul juga telah bicara soal penulisan Fitsa Hats di BAP ini. Menurutnya, BAP itu sudah dibaca dan ditandatangani oleh Novel. Artinya Novel mengerti, menyetujui dan bertanggung jawab atas apa yang ada di BAP itu.

Saksikan video 20detik di sini:

(afr/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed