Kamis, 08 Des 2016 15:30 WIB

Star Wars dan Deretan Science Fiction Terlaris

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kisah fiksi ilmiah alias science fiction yang penuh dengan animasi grafis memukau, ternyata cukup laris diangkat Hollywood. Seperti Star Wars, misalnya.

Kemeriahan Star Wars akan kembali menghiasi bioskop Tanah Air. Para pecinta film bergenre science fiction akan kembali dihibur dengan hadirnya sekuel Star Wars terbaru yang berjudul Rogue One: A Star Wars Story.

Rogue One: A Star Wars Story merupakan film pertama dari tiga film antologi Star Wars yang diproduksi Disney. Film yang dibintangi oleh Felicity Jones tersebut direncanakan tayang pada 14 Desember 2016 di Indonesia, sementara di Amerika Serikat baru akan tayang pada 16 Desember 2016.

"Film Rogue One memiliki kisah yang berdiri sendiri dari film-film Star Wars sebelumnya. Namun hal ini sepertinya tidak mengurangi sedikit pun antusias para penggemar setia Star Wars. Bukan tidak mungkin Rogue One mampu mengungguli kesuksesan film-film Star Wars yang lain," ungkap Sudhir Syal, Co Founder & Director BookMyShow Indonesia, Kamis (8/12/2016).

Sepanjang sejarah perfilman Hollywood, tak terhitung banyaknya film yang turut mengusung genre serupa seperti Star Wars. Film-film bergenre science fiction bahkan sering mendominasi Box Office dunia. Dilansir dari Box Office Mojo, berikut lima daftar film science fiction adventure terlaris:

Avatar (2009)
Pendapatan kotor: Rp 37 triliun

Star Wars dan Deretan Science Fiction TerlarisFoto: ist/digitalspy

Film Avatar mendominasi daftar film science fiction terlaris yang pernah dibuat sepanjang masa. Film arahan James Cameron tersebut berhasil meraih kesuksesan gemilang dengan raihan pendapatan sebesar Rp 37 triliun. Keuntungan yang diraih film ini ditaksir bernilai 12 kali lipat dari biaya produksi filmnya. Film Avatar tak hanya menduduki posisi pertama dalam daftar film sci-fi terlaris, namun film yang dibintangi Sam Worthington dan Zoe Saldana tersebut juga menyandang gelar sebagai film Hollywood terlaris sepanjang masa.

Star Wars: The Force Awakens (2015)
Pendapatan kotor: Rp 27 triliun

Star Wars dan Deretan Science Fiction TerlarisFoto: Starwars.com

Daftar film science fiction terlaris lainnya adalah film Star Wars: The Force Awakens. Seri ketujuh film Star Wars ini berhasil menduduki posisi kedua dengan raihan pendapatan sebesar Rp 27 triliun. Keuntungan yang diraih film produksi Disney ini bernilai 8 kali lipat dari biaya produksi filmnya. Besarnya keuntungan tersebut bahkan membuat film Star Wars: The Force Awakens menduduki posisi ketiga sebagai sebagai film Hollywood terlaris sepanjang masa.

Jurassic World (2015)
Pendapatan kotor: Rp 22 triliun

Star Wars dan Deretan Science Fiction TerlarisFoto: Gamespot

Di posisi ketiga terdapat film produksi Legendary Pictures yang berjudul Jurassic World. Film yang dibintangi Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard ini meraih keuntungan fantastis sebesar Rp 22 triliun. Jika dibandingkan dengan budget produksi filmnya yang menelan biaya sebesar Rp 1,9 triliun, film Jurassic World dapat dikatakan mampu mengantongi kesuksesan besar.

Jurassic Park (1993)
Pendapatan kotor: Rp 13,7 triliun

Film pendahulu Jurassic World yang berjudul Jurassic Park bertahta di posisi keempat sebagai film science fiction terlaris di dunia. Film arahan Steven Spielberg itu mengantongi pendapatan sebesar Rp 13,7 triliun dari penayangan globalnya. Keuntungan yang diraih film Jurassic Park bahkan bernilai sekitar 15 kali lipat dari budget produksi filmnya.

Star Wars Episode 1 - The Phantom Menace (1999)
Pendapatan kotor: Rp 13.6 triliun

Star Wars dan Deretan Science Fiction TerlarisFoto: imdb

Menyusul di posisi kelima lagi-lagi ditempati oleh seri film Star Wars yang berjudul Star Wars Episode 1 - The Phantom Menace. Film pertama Star Wars ini bersaing ketat dengan film Jurassic Park dengan raihan pendapatan sebesar Rp 13,6 triliun. Keuntungan yang diraih film Star Wars Episode 1 - The Phantom Menace ditaksir mampu mengantongi keuntungan 9 kali lipat lipat dari biaya produksi filmnya. (rou/rou)