Kuasai Indonesia, Pengguna Joox Dominan Anak Muda

Kuasai Indonesia, Pengguna Joox Dominan Anak Muda

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 30 Nov 2016 17:26 WIB
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Setahun berkiprah, Joox makin mendominasi pasar musik streaming di Indonesia. Mereka mengklaim mampu menyalip pemain besar seperti Spotify dan Apple Music.

Dalam hasil riset yang dirilis lembaga riset Digital McKinsey, Joox menempati posisi pertama dengan pangsa pasar 34,7%. Setelahnya ada Soundcloud, Langitmusik dan Spotify.

Menurut Benny Ho, Senior Director Tencent, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras yang telah dilakukan pihaknya. Mereka coba menghadirkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Tanah Air.

"Kami tidak saja memberikan streaming musik, tapi memberi benefit lain, mulai dari berita musik hingga video musik dan interview dengan artis. Pengguna pun bisa berinterkasi dengan musisi favoritnya," kata Benny saat berbicara Media Gathering di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Dalam kesempatan ini, Benny turut membeberkan hasil riset internal yang mereka lakukan. Selama setahun ini, pengguna Joox didominasi anak muda berusia 18-24 tahun.

Bila berdasar jenis kelamin, perempuan yang paling mendominasi. Persentasenya mencapai 53%, sementara laki-laki hanya 47%.

Adapun perangkat yang paling banyak mengakses berasal dari platform Android, besarannya mencapi 78%. Sementara iOS berada di peringkat kedua dengan persentase 20%. Sisanya mengakses melalui web.

Mengacu pada demografi, Jakarta menjadi daerah yang paling banyak mengakses Joox. Diikuti daerah di Jawa, Bali dan Sumatera Utara.

Bicara mengenai kebiasaan pengguna, genre musik yang paling diganderungi pengguna Joox adalah pop. R&B dan jazz menjadi pilihan berikutnya.

Adapun waktu yang paling ramai pengguna streaming musik pada pukul tujuh dan sepuluh. Lalu berlanjut pada sepuluh malam.

"Saat berangkat bekerja dan akan beristirahat di malam hari biasanya pengguna melakukan streaming musik," pungkas Benny. (afr/fyk)