BERITA TERBARU
Rabu, 16 Nov 2016 17:57 WIB

Catat! Ini Tren Startup 2017

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Startup masih akan jadi tren di Indonesia pada 2017 mendatang. Hanya saja, sektor apa yang akan jadi primadona? Ini penerawangan dari venture capital.

Dari proyeksi Mandiri Capital, salah satu venture capital di Indonesia, tren startup tahun depan akan datang dari industri fintech dan data analytics.

CEO Mandiri Capital Eddie Danusaputro mengatakan, nantinya makin banyak penyerta modal yang akan mengucurkan dananya untuk startup di Indonesia.

"Indonesia masih sangat menjanjikan, mengingat bahwa negara ini memiliki pasar yang besar. Akan tetapi, pelaku Indonesia juga perlu mencermati tren yang ada di masyrakat secara global atau lokal," tutur Eddie di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (15/11/2016).

Menurut Eddie, bidang yang akan dilirik oleh venture capital di tahun 2017 tak lain adalah fintech dan data analytic. Kedua bidang tersebut dinilai masih baru untuk Indonesia.

"Branch banking semakin lama semakin berkurang. Orang yang mau ke cabang untuk mengantri akan semakin berkurang. Kalau tidak lewat ATM, orang-orang bisa lewat internet.

"Begitupula dengan generasi millenial atau generasi muda. Mereka sudah mulai malas dan berpikir bahwa produk perbankan tak harus ke bank, bisa ke platform lain yang non-bank," lanjutnya.

Menyadari akan hal itu, Mandiri Capital, menurut Eddie sudah mulai merangkul startup-startup lokal yang dinilai berpotensi. "Jadi, daripada diserap oleh asing, lebih baik investasi ke startup yang bisa membawa perubahan dari dalam," ujarnya.

Meski begitu, Eddie memaparkan bahwa tidak semua startup yang bisa mendapat pendanaan dari Mandiri Capital. Diutarakan Eddie, pihaknya hanya fokus mendani startup yang bergerak di bidang fintech.

"Sampai akhir 2016 ini rencananya empat sampai lima portofolio, termasuk salah satunya Mitra Transaksi Indonesia dan Digital Artha Media. Untuk pendanaanya sendiri berkisar miliaran hingga ratusan miliar, dilihat dari tingkat startup itu sendiri apakah sudah mature apa masih tahap awal," pungkasnya.

(mag/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Desain LG V30 Mirip BlackBerry Priv?

    Desain LG V30 Mirip BlackBerry Priv?

    Senin, 29 Mei 2017 10:01 WIB
    LG biasanya tampil beda pada desain ponsel seri V-nya, seperti V10 dan V20 yang menggunakan layar kedua pada bagian atasnya. Bagaimana dengan V30?
  • Kabar Duka Cita dari Pendiri Uber

    Kabar Duka Cita dari Pendiri Uber

    Senin, 29 Mei 2017 09:38 WIB
    Pendiri dan CEO Uber, Travis Kalanick, sedang berduka cita. Kedua orang tuanya mengalami kecelakaan yang membuat sang ibu meninggal dunia.
  • Bos Snapchat Resmi Menikahi Miranda Kerr

    Bos Snapchat Resmi Menikahi Miranda Kerr

    Senin, 29 Mei 2017 08:25 WIB
    CEO Snap--dulu Snapchat--Evan Spiegel resmi menikahi supermodel Miranda Kerr. Pernikahan dilakukan di rumah mereka di Brentwood, California, Sabtu (27/5/2017).
  • Essien dan Irfan Bachdim Jadi Pelatih Go-Jek

    Essien dan Irfan Bachdim Jadi Pelatih Go-Jek

    Senin, 29 Mei 2017 03:18 WIB
    Jelang big match antara Persib Bandung dan Bali United, Michael Essien dan Irfan Bachdim telah lebih dulu bertanding di lapangan bersama para driver Go-Jek.
  • Totti Jadi Raja di Twitter

    Totti Jadi Raja di Twitter

    Senin, 29 Mei 2017 02:43 WIB
    Sejak melakoni pertandingan terakhirnya, Totti langsung melesat jadi trending topic dunia di Twitter. Tercatat ada 488 ribu cuitan yang mengelu-elukan namanya.