BERITA TERBARU
Kamis, 03 Nov 2016 10:47 WIB

Soal Kebocoran Data, Elevenia: Kami Lakukan Investigasi

Yudhianto - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Elevenia menjadi satu dari puluhan aplikasi e-commerce yang berpotensi mengalami kebocoran data menurut laporan Opera. XL selaku pemiliknya mengaku terkejut dan tengah melakukan investigasi.

"Kami sedang melakukan investigasi untuk membuktikan kebenaran laporan tersebut," kata Turina Farouk, VP Corcomm XL, ketika ditemui detikINET di kantornya.

Lebih lanjut, Turina juga mempertanyakan bagaimana Opera bisa mendapatkan informasi tersebut. Apalagi menurutnya selama ini antara Opera dan XL yang mewakili Elevenia tidak punya hubungan apapun, sehingga pengungkapan informasi yang dilakukan Opera bisa saja tidak valid.

Di sisi lain, Turina juga yakin kalau aplikasi Elevenia cukup bersih dari potensi kerentanan kebocoran data. Kemungkinan masalahnya bersumber dari faktor eksternal seperti koneksi yang tidak terenkripsi sehingga bisa di-intercept untuk diambil datanya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh pihak Blibli dan Bukalapak. Keduanya mengatakan kalau data pelanggan erat kaitannya dengan kepercayaan sehingga tak mungkin dibocorkan. Umumnya platform e-commerce telah membekali layanannya dengan fitur enkripsi yang melindungi data pelanggan di dalamnya.

Meski begitu pihak Bukalapak dan OLX tak menampik kalau memang ada aplikasi e-commerce yang memang dengan sengaja memanfaatkan data-data pelanggannya. Namun tujuan penggunaannya adalah untuk meningkatkan layanan platform e-commerce itu sendiri. Mereka tetap memastikan kalau data pelanggan aman dari pihak luar.

"Sebenarnya, Amazon ngelakuin juga kok," kata CEO Bukalapak Achmad Zaky, saat dikonfirmasi detikINET. "Tapi yang jelas, data customer aman, sih. Itu untuk meningkatkan layanan juga," jelasnya. (yud/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed