Mengulik Kacamata Pintar Snapchat

Mengulik Kacamata Pintar Snapchat

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 02 Nov 2016 16:07 WIB
Foto: Spectacles
Jakarta - Snap, pembesut aplikasi Snapchat, tidak mengungkap banyak detail mengenai Spectacles. Sepertinya, Snap sengaja tidak dulu mengumbar terlalu banyak informasi mengenai kacamata pintar yang akan segera dirilis dalam beberapa pekan lagi.

Informasi terbaru menyebutkan, Spectacles diketahui punya nama kode Laguna dalam aplikasinya. Hal ini terungkap dari seorang developer Android Marcell Meszaros yang baru-baru ini menganalisa source code sebuah layanan hiburan.

Dikutip dari Los Angeles Times, Rabu (2/11/2016), nantinya pengguna akan menghubungkan kacamata Spectacles ke smartphone dengan menatap barcode pada aplikasi. Snapchat menyebutnya sebagai Snapcode.

Pada saat itu, Spectacles akan merekam video hingga 10 detik. Spectacles tidak harus terkoneksi dengan smartphone untuk merekamnya. Namun pengguna perlu berada dekat dengan ponsel mereka untuk bisa mendownload video ke Snapchat melalui Bluetooth atau WiFi. Dari aplikasi, video nantinya bisa dibagi dengan teman-teman.
Mengulik Kacamata Pintar Snapchat Foto: Kacamata Snapchat

Meszaros juga menyebutkan, source code tersebut mengungkapkan adanya fitur sistem keamanan cyber, fungsi untuk mengatur kualitas video dan fitur yang memungkinkan pengguna memperbaiki perangkat dengan menggoyangkan kacamata.

Ada banyak hal yang membuat Spectacles unik. Salah satunya karena kacamata ini membawa visi yang lebih besar. Sejak kelahirannya, Snapchat berkembang cepat menjadi platform di mana jutaan orang mengupload foto dan video setiap harinya.

Nah, kehadiran kacamata ini kemudian menjadi puncak dari evolusi Snapchat yang menandai cara baru untuk berbagi momen-momen tersebut. Dari sisi teknis, Spectacles berupaya menghadirkan inovasi meski terbilang baru terjun di ranah ini.

Terdapat kamera yang dikelilingi lampu LED yang akan otomatis aktif saat merekam. Lampu LED-nya sendiri tak terlihat karena didesain sedemikian rupa agar tampak cantik bertengger di kacamata. Semua komponen dibenamkan dalam sepasang kacamata yang tampil ramping.

Tak kalah menarik lagi adalah circular video yang disebut-sebut Snapchat sebagai temuan paling inovatif. Berdasarkan keterangan pada website mereka, disebutkan bahwa Spectacles terkoneksi secara langsung ke Snapchat melalui Bluetooth atau WiFi dan mentransfer hasil tangkapan kamera langsung ke aplikasi dengan bantuan format circular video.

Lebih penting lagi, kunci utama Spectacles digadang-gadang bakal sukses adalah karena tampilannya yang menarik. Snapchat tak hanya memikirkan kombinasi hardware dan software yang canggih tetapi juga membuat sebuah wearable gadget bisa tampil sebagai item fashion.

Spectacles akan ditawarkan dalam tiga warna berbeda, hitam, biru dan oranye. Tak hanya ingin menunjukkan bahwa kacamata canggih harus tampil stylish, Snapchat juga membanderolnya dengan harga yang terbilang bisa dijangkau untuk sebuah wearable gadget, yakni USD 129 atau sekitar Rp 1,7 jutaan. (rns/fyk)