Selasa, 11 Okt 2016 17:20 WIB

Duolingo Keluarkan Chatbot untuk Belajar Bahasa Asing

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Fitur chatbot atau robot pembalas pesan mulai marak dipakai di sejumlah aplikasi. Tak ketinggalan aplikasi pembelajaran bahasa asing, Duolingo, yang dilaporkan bakal membenamkan chatbot untuk mengajak bicara penggunanya.

Banyak yang menyebut jika Duolingo menjadi salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa asing. Aplikasi ini pun bisa diunduh secara cuma-cuma dengan in-app purchase tentunya.

Hadirnya fitur chatbot diyakini bisa membantu pengguna untuk meningkatkan kemampuan percakapan dan kemampuan lainnya yang mungkin bisa dipakai di kehidupan sehari-hari, semisal memesan makanan, berbelanja, atau mengunjungi tempat wisata.

Ada beberapa skenario yang dihadirkan, dimana Anda bisa mempelajari arah atau berbicara dengan dokter. Dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (11/10/2016), chatbot Duolingo ini dipersiapkan untuk bereaksi pada ribuan respon.

"Salah satu alasan orang belajar bahasa asing adalah untuk melakukan percakapan," ujar CEO Duolingo, Luis von Ahn. Perkataan Ahn ada benarnya juga.


Ia melihat banyak yang menguasai kemampuan kosa kata dan komprehensi dengan Duolingo. Namun, ketika berhadapan dengan situasi di kehidupan sehari-hari, orang-orang itu masih tetap canggung. "Bot menawarkan jawaban yang berpengalaman dan efektif yang dibutuhkan," ujar Ahn lagi.

Saat ini chatbot hanya tersedia di Duolingo versi iOS dan hanya bisa berbahasa Prancis, Jerman, dan Spanyol. Platfrom lain dan bahasa lain disebut akan segera hadir. (mag/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed