Kamis, 06 Okt 2016 10:45 WIB

Makin Banyak Orang Indonesia Pesan Hotel Lewat Ponsel

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Minat masyarakat Indonesia terhadap traveling semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ini tidak terlepas dari pengaruh internet yang semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar traveling.

Sebagai catatan, saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah cukup tinggi, yaitu sekitar 20% dari total populasi. Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang tren pemesanan tiket pesawat, hotel, dan tur mulai beralih dari offline ke online.

Dengan memesan secara online, masyarakat bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan praktis, cepat, dan pastinya lebih nyaman karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Melihat pesatnya perkembangan teknologi komunikasi ini, menurut Nitha Sudewo, Direktur Online Services Mister Aladin, wajar saja jika semakin banyak orang Indonesia mengandalkan ponsel atau tablet untuk memenuhi kebutuhan liburan mereka.

"Selain lebih praktis daripada laptop atau PC, sekarang ini sudah semakin banyak bermunculan mobile application yang memungkinkan masyarakat untuk langsung mendapatkan tiket pesawat, hotel, dan lainnya dengan harga terbaik hanya dalam beberapa menit," ujarnya di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Oleh karena itu, perlu ada satu wadah khusus yang menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan masyarakat saat traveling, mulai dari informasi tentang destinasi wisata, pemesanan hotel dan tiket pesawat, tur, dan sebagainya.

"Semua kebutuhan ini sudah disediakan oleh Mister Aladin. Kepraktisan dalam traveling juga bisa didapatkan lewat aplikasi Mister Aladin yang dilengkapi fitur Personal Travel Assistant," lanjut Nitha.

Dengan fitur ini, kata dia, Mister Aladin ingin memanjakan para pengguna aplikasinya dengan menyediakan asisten pribadi yang dapat diandalkan selama traveling. Cukup melalui chat, persoalan pemesanan tiket pesawat hingga rekomendasi restoran akan diurus hingga tuntas.

Tidak hanya itu, dalam waktu setahun Mister Aladin sudah bisa membaca kecenderungan perilaku sebagian besar konsumen, dimana hingga 50% di antaranya, sering memesan hotel secara mendadak.

Selain lewat aplikasi, Mister Aladin juga ingin memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan liburan mereka dengan lebih hemat dan praktis dengan menggelar acara Mister Aladin Travel Fair yang akan digelar minggu depan.

"Acara yang akan diadakan di Grand Atrium, Kota Kasablanka, pada 13–16 Oktober 2016 ini, dalam rangka merayakan ulang tahun pertama sekaligus peluncuran mobile application Mister Aladin," masih kata dia.

Dalam acara ini, semua hotel dan tiket pesawat akan ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 10.000. Mister Aladin juga akan memberikan hadiah liburan gratis kepada pengunjung yang bisa menjawab Mister Aladin pada saat Travel Fair.

Tidak hanya itu, acara ini juga akan dihadiri oleh para travel experts yang akan membagi pengalaman dan tips traveling mereka kepada para pengunjung pada saat sesi talk shows.

"Mister Aladin Travel Fair adalah bentuk partisipasi nyata Mister Aladin untuk semakin meningkatkan minat traveling masyarakat Indonesia yang ingin berlibur hemat sambil menghidupkan sektor pariwisata Indonesia," pungkas Nitha.

(rou/rou)