Selasa, 27 Sep 2016 15:22 WIB

Tak Kenal Gadget Tapi Mereka Bahagia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Anak-anak Papua di pinggir danau Sentani. (Foto: detikINET/Fino Yurio Kristo) Anak-anak Papua di pinggir danau Sentani. (Foto: detikINET/Fino Yurio Kristo)
Papua - Mereka, anak-anak ini, berlarian ke sana ke mari dengan senyum merekah. Ada senapan mainan buatan sendiri dari kayu di tangan masing-masing. Cukup dengan kesederhanaan itu, mereka terlihat bahagia.

Itulah salah satu pemandangan yang ditemui di pedesaan di Kabupaten Jayapura, Papua. Jauh dari hingar bingar perkotaan atau teknologi, sepertinya para bocah itu malah menikmati masa kecilnya.

"Saya belum pernah kak pegang hape. Mainannya kami ya seperti ini," begitu ucapan polos Yulius, anak usia 11 tahun yang tinggal di pinggir danau Sentani, tepatnya di desa Asei Besar, Sentani Timur.

Ia menuturkan, banyak permainan tradisional yang mereka senangi. Kadang petak umpet, main ketapel, atau sekadar kejar-kejaran. "Tergantung musimnya lagi seneng main apa," ujar Yulius yang ditemani tiga teman sebayanya.

Ketika ditanya apakah ingin punya dan main gadget semacam ponsel, mereka menggeleng. "Senang main kayak gini aja asyik," kompak mereka berkata sebelum melanjutkan kembali permainannya.



Di berbagai sisi, Kabupaten Jayapura ini memang sudah cukup baik. Jalan-jalan utamanya beraspal mulus, banyak pusat ekonomi seperti toko-toko yang cukup ramai pengunjung.

Namun bisa dirasakan masih ada kekurangan dalam hal infrastruktur telekomunikasi. Sinyal data belum merata, kecuali mungkin Telkomsel yang sudah menyediakan koneksi 4G LTE di beberapa tempat.

Mungkin itulah sebabnya anak-anak kecil seperti Yulius atau Deka belum mengenal gadget. Mereka memainkan permainan tradisional yang mungkin sudah tidak dikenali oleh anak-anak perkotaan yang akrab bermain segala macam yang terkoneksi internet.



"Kami main biasanya sampai sore lalu mandi dan belajar," pungkas Yulius meminta diri karena hari sudah menjelang petang.

Apakah masa kecil seperti itu merupakan keberuntungan atau kesialan? Tergantung melihatnya dari sudut pandang apa. Yang pasti, mereka tampak bahagia. (fyk/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed