Selasa, 13 Sep 2016 10:58 WIB

Operator Ini Gratiskan Internet 4G Sampai Puas

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Reliance Jio Foto: Dok. Reliance Jio
Jakarta - Reliance Jio adalah sebuah operator seluler baru di India yang menggebrak dengan memberikan koneksi internet melalui jaringan 4G LTE-nya secara cuma-cuma hingga akhir 2016.

Ketika masa promosi itu sudah berakhir tarif yang mereka tawarkan untuk layanan internet cepat itu adalah 149 rupee atau sekitar Rp 30 ribu tiap bulannya, hingga 4.999 rupee.

Paket termurah itu mempunyai kuota data sebesar 0,3 GB. Sementara paket yang termahal berisi kuota data 75 GB, termasuk kuota hotspot sebesar 150 GB dan kuota tengah malam tanpa batas.

Reliance Jio adalah anak perusahaan dari salah satu korporasi terbesar di India bernama Reliance. Pemiliknya adalah Mukesh Ambani, yang merupakan orang terkaya nomor satu di India, demikian dikutip detikINET dari CNN Money, Selasa (13/9/2016).

Jaringan 4G LTE milik Jio disebut sudah mencakup 80% kawasan India, dan mempunyai kecepatan maksimal hingga 135 Mbps. Tak cuma internet gratis, Jio juga memberikan sambungan telepon dan roaming secara cuma-cuma ke penggunanya.

Ambani sendiri disebut sudah menginvestasikan uang sangat banyak untuk membangun lebih dari 100 ribu BTS di seluruh India. Menurutnya, ribuan BTS itu sudah mencakup 18 ribu kota dan 200 ribu desa. Pada Maret 2017, ia menargetkan jaringan Jio sudah mencakup 90% populasi India.

Gebrakan Ambani membuat para pesaingnya ketar-ketir, dan mulai mendiskon tarif layanannya. Contohnya Airtel, yang mendiskon tarif layanan 3G dan 4G-nya sebesar 80% dan Vodafone yang meningkatkan kuota data paket internetnya sebanyak 70%. (asj/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed