Setelah 54 Jam, Startup Weekend Jakarta Munculkan Jawara

Setelah 54 Jam, Startup Weekend Jakarta Munculkan Jawara

Ardhi Suryadhi - detikInet
Rabu, 07 Sep 2016 10:12 WIB
Tim Happy Testing (Foto: Kibar Kreasi Indonesia)
Jakarta - Startup Weekend Jakarta datang dengan membawa konsep menarik, para pesertanya ditantang untuk membuat startup digital hanya dalam waktu 54 jam. Dan kini setelah digembleng sedemikian rupa, muncullah nama sang jawara.

Adalah Happy Testing yang akhirnya didapuk menjadi juara pertama di ajang Startup Weekend Jakarta 2016. Startup ini membuat platform yang menjembatani perusahaan dengan konsumen untuk menguji aplikasi dan dapat feedback secara instan.

Di posisi kedua ditempati oleh Artology dan CS Hourly sebagai juara ketiga. Sementara Echoducation terpilih sebagai juara favorit.

Startup Weekend Jakarta merupakan sebuah gerakan global yang diinisiasi oleh Kibar Kreasi Indonesia untuk menginspirasi, mengedukasi, dan memberdayakan individu serta komunitas lokal untuk belajar membuat startup mereka sendiri.

Ajang ini mempertemukan developer, desainer, marketer, product manager, serta orang-orang yang memiliki talenta di berbagai bidang untuk bertukar pikiran dan ide, membentuk tim, membangun produk, dan meluncurkan sebuah startup pada akhir pekan.

Acara yang diadakan di Conclave, Jakarta Selatan ini dihadiri oleh 60 peserta, serta belasan mentor yang berasal dari praktisi dan pelaku ekosistem startup di Indonesia. Mulai dari VP of Product Go-Jek Alamanda Shantika, CEO Antarupa Ivan Chen, Product Manager Path Mario Nicolas, Client Solutions Manager Facebook Pandu Truhandito, Investmen Manager Venturra Capital Raditya Pramana serta Chief Product & Data Officer Sales Stock Thomas Diong.

Saat sesi mentoring, Alamanda Shantika menuturkan jika dalam membangun sebuah startup hal terpenting adalah memvalidasi ide yang dimiliki. "Sebelum menciptakan sebuah aplikasi yang besar, hal kecil yang harus dipikirkan adalah bagaimana flow bisa bekerja di lapangan. Bagaimana respons masyarakat atau konsumen terhadap ide kita. Jika memang ada sambutan baik, barulah tugas para startup founder untuk menciptakan aplikasi yang bisa menjalankan flow secara otomatis," papar Ala — sapaan akrabnya.

Selama 54 jam, para peserta Startup Weekend Jakarta menjalani berbagai pelatihan dan konsultasi dengan mentor seputar product development, validasi ide, business model, strategi marketing, hingga pengembangan prototipe produk.

Di hari pertama, para peserta membentuk 12 tim yang kemudian melakukan pitching final di hari terakhir. Ide dan prototipe produk mereka kemudian dipresentasikan di hadapan dewan juri.

Setelah melewati proses penjurian, terpilihlah empat juara yang memiliki ide terbaik. Berikut daftar juara Startup Weekend Jakarta 2016:

Happy Testing (Juara Pertama)
Merupakan platform yang menjembatani perusahaan dengan konsumen untuk menguji aplikasi dan dapat feedback secara instan.

Artology (Juara Kedua)
Merupakan marketplace yang mempertemukan pelukis dan pembeli dengan mudah. Pembeli bisa mencari pelukis yang sesuai dengan kualifikasi dan kriteria.

CS Hourly (Juara Ketiga)
Menyediakan talent pool ke perusahaan yang membutuhkan tenaga customer service pada jam-jam tertentu.

Echoducation (Juara Favorit)
Platform yang menghubungkan orang tua dan murid dengan institusi pendidikan formal dan informal agar orang tua bisa mendapatkan lembaga pendidikan yang tepat untuk buah hati. (ash/rns)