Facebook Ramaikan Internaut Day

Facebook Ramaikan Internaut Day

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 23 Agu 2016 13:35 WIB
Foto: internet
Jakarta - Tepat hari ini, 25 tahun lalu, World Wide Web (WWW) dapat diakses secara bebas. Para Netizen pun merayakan momen bersejarah tersebut lewat Facebook.

Menggunakan hastag #internautday, para netizen mengungkapkan ucapan selamat atas kehadiran internet yang dapat diakses oleh publik. Tidak lupa mereka pun mengucapkan terima kasih atas jasa ilmuwan asal Inggris, Sir Tim Berners Lee yang telah berjasa mewujudkan hal tersebut.

Pihak Facebook sendiri merilis sebuah doodle. Di dalamnya tertulis: "Merayakan 25 tahun menghubungkan orang. Web diperkenalkan kepada dunia tepat hari ini 25 tahun lalu. Terima kasih Tim Barners-Lee dan penemu internet lainnya karena sudah membuat dunia terbuka dan terhubung".

Untuk diketahui, Internaut Day berbeda dengan Hari Internet Sedunia yang jatuh pada 29 Otober. Seperti disinggung di muka, Internaut Day memperingati WWW yang dapat diakses oleh siapapun di muka bumi.

Sosok yang berjasa di balik itu adalah Tim Berners-Lee yang saat itu adalah ilmuwan di CERN. Pria kelahiran London itu menciptakan WWW pada tahun 1989. Awalnya WWW dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagi informasi antar ilmuwan di universitas dan lembaga di seluruh dunia.

Pada 6 Agustus 1991, Lee meluncurkan website pertama yang dapat diakses publik. Pada 23 Agustus 1991, situs tersebut menerima kunjungan pertama kali dari pengunjung. Momen inilah yang kemudian dirayakan sebagai Internaut Day. (afr/fyk)