Minggu, 31 Jul 2016 15:59 WIB

GoFood Makin Menjadi Andalan Go-Jek

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Awalnya kehadiran Go-Food sebagai pelengkap layanan ojek online Go-Jek. Kini layanan antar makanan itu kian menjadi andalan Go-Jek.

Hal tersebut diungkap oleh Vice President Go-Jek Alamanda Shantika Santoso. Ia menceritakan di masa-masa awal Go-Jek hadir, mereka hanya memiliki layanan Go-Ride, Go-Send dan Go-Shop.

Suatu hari, saat berada di rumah temannya, ia kesulitan mencari swalayan yang ada di sekitarnya. Meski telah mencari di Google Maps, tidak ada hasil yang di dapat.

Wanita yang kerap disapa Ala ini kepikiran untuk membuat layanan yang memudahkan pengguna mencari tempat belanja di sekitarnya. Ide ini coba diajukan ke Nadiem Makarim.

Tak disangka, ide tersebut disetujui. Nadiem pun menambahkan ide untuk membuat membuat layanan pesan makanan.

"Kami bukan mau menyaingi food delivary yang sudah ada. Tapi ingin melengkapi layanan yang ada di Go-Jek untuk kemudahaan pengguna," tutur Ala saat ditemui usai mengisi sebuah sesi di kegiatan ignation Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Universitas Trisakti, Jakarta, Sabtu sore (31/7/2016).

Layanan belanja kemudian bernama Go-Mart. Sementara layanan pesan antar makanan bernama Go-Food. Pada perkembangannya, Go-Food menjadi layanan yang paling diminati selain Go-Ride. "Mungkin karena convenience banget," ujar Ala.

Menjadi layanana yang banyak digunakan, Go-Food kini menjadi salah satu andalan bagi Go-Jek. Terlebih perusahaan yang bermarkas di Kemang, Jakarta Selatan ini juga mendapatkan pemasukan tambahan dari restoran yang menjadi partner.

"Ada sharing dengan resto yang menjadi partner Go-Jek," ungkap wanita kelahiran Jakarta ini. Ia tidak mau mengungkap berapa pemasukan yang diraih Go-Mart. Begitupula soal besaran sharing dengan pihak restoran yang menjadi partner.

'Go-Auto' Masuk Beta

Saat ini Go-Jek sudah memiliki sebelas layanan. Tapi dalam waktu dekat mereka akan menambah layanan baru, salah satunya adalah cuci mobil dan tune up. Sempat beredar kabar yang menyebutkan bahwa layanan ini nantinya akan bernama Go-Auto.

Ala menjelaskan layanan tersebut menawarkan jasa perawatan kendaraan yang dapat dipanggil ke rumah pengguna. Mulai dari bantuan teknisi, cuci dan poles hingga salon mobil.

"Terkadang kita tidak sempat ke bengkel untuk cuci mobil. Dengan layanan ini, kita dapat memanggil layanan cuci mobil untuk datang ke rumah," jelas Ala.

Ala mengatakan layanan cuci mobil dan tune up ini sudah sudah bisa dinikmati. Pengguna dapat mengaksesnya lewat menu Go-Tix di aplikasi Go-Jek. Hanya saja layanan ini masih sebatas Jakarta saja.

Saat disinggung soal Go-Med, yakni layanan pesan antar obat, wanita berperawakan mungil ini belum mau menjawabnya. "Belum ada, ditunggu saja kabarnya," pungkas Ala. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed