Amazon Masuk Indonesia, CEO BukaLapak: Saya Langsung Telepon Jeff Bezos

Amazon Masuk Indonesia, CEO BukaLapak: Saya Langsung Telepon Jeff Bezos

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 24 Jun 2016 09:35 WIB
Foto: detikcom/fyk
Jakarta - Industri e-commerce Indonesia kabarnya akan makin ramai dengan kedatangan pemain baru dari mancanegara. Setelah Alibaba yang asal China jadi pemilik baru Lazada, giliran retail online terbesar dunia, Amazon, dilaporkan segera masuk ke sini. Bagaimana tanggapan pemain lokal seperti BukaLapak?

"Saya sih udah nelepon Jeff Bezos, tapi nggak diangkat," canda CEO dan pendiri BukaLapak, Achmad Zaky, dalam acara buka bersama media di Jakarta, Kamis (23/6/2015). Jeff Bezos sendiri adalah CEO Amazon.

Tentang rencana masuknya Amazon, Zaky menyinggung sebagian masyarakat Indonesia kadang memiliki kesan kalau orang luar negeri selalu lebih baik. Berbagai opini juga menyebutkan, Amazon dianggap berpotensi mengalahkan pemain lokal.

Padahal tidak selalu demikian sehingga alangkah baiknya kalau kehadiran Amazon tak perlu direspons terlalu berlebihan. Zaky memilih menanggapi santai kedatangan Amazon ataupun pemain lain dari luar negeri.

"Kita malah senang karena ketika ada kompetisi dari luar, kita istilahnya masuk ke kelas unggulan. Kelasnya makin bagus. Sama kalau ada pemain bola tarkam ke liga nasional, atau dibawa ke Barcelona. Tentu mentalnya beda. Paradigma ini yang perlu dibangun. Kalau Amazon atau siapapun masuk, ya kita normal saja, biasa saja," sebut Zaky.

Zaky menambahkan memang tidak ada salahnya menggunakan produk luar negeri. Namun ia memiliki harapan agar generasi masa depan semakin banyak yang memakai produk buatan dalam negeri.

"Semoga generasi anak cucu bisa memakai produk sendiri, jadi bangsa yang kreatif, bukan hanya untuk Indonesia tapi juga masyarakat dunia. Itu bisa lahir dengan semangat entrepreneurship," pungkasnya. (fyk/rou)