Kamis, 23 Jun 2016 10:20 WIB

Perlukah Kelakuan Zuckerberg Selotip Webcam Ditiru?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mark Zuckerberg ketahuan menutup webcam dan mic di laptop Mac miliknya dengan selotip. Kelakuan Zuck ini jadi bahasan luas di kalangan pakar sekuriti. Perlukah orang lain juga menirunya?

Umumnya, semua sepakat kalau sang pendiri dan CEO Facebook melakukan langkah yang benar. Terutama menutup webcam dengan selotip karena perangkat ini bisa dibobol hacker untuk memata matai.

"Ada begitu banyak malware bisa mengakses bagian fisik komputer untuk mengobservasi dan mendengarkan user. Jadi sangat masuk akal memasang selotip di webcam. Bahkan aku tak tahu mengapa tidak ada manufaktur yang menjual laptop di mana webcam bisa ditutup," sebut profesor Alan Woodward, ahli sekuriti di University of Surrey, Inggris.

Namun menutup mikrofon dengan selotip bukan langkah efektif. "Suara bisa menembus selotip, itu hanyalah penghalang biasa. Mungkin kita butuh switch fisik untuk mematikan mikrofon," jelas Alan.

Tentu tak salah jika Zuck melakukan hal tersebut mengingat ia sosok penting di jagat teknologi. Lantas, apakah orang pada umumnya juga disarankan melakukannya? Jawabannya adalah, tidak ada salahnya.

Pasalnya, dikutip detikINET dari Guardian, sudah cukup banyak kasus hacker mampu menyalakan webcam tanpa sepengetahuan pemiliknya, kemudian melakukan aksi pengintaian. Bisa berbahaya atau memalukan jika laptop yang sudah dijebol itu berada di kamar atau ruang pribadi.

Zuck sendiri bukan satu satunya sosok penting yang memasang selotip di webcam. "Aku menutup kamera di laptop karena aku pernah melihat seseorang yang lebih pintar dari aku melakukan hal itu," kata direktur FBI, James Comey.

(fyk/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed