Rabu, 22 Jun 2016 11:04 WIB

Selotip, Senjata Rahasia Zuck Menangkal Hacker

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: GettyImages/David Ramos Foto: GettyImages/David Ramos
Jakarta - Setelah sejumlah akun medsosnya pernah jadi korban usaha peretasan, CEO Facebook Mark Zuckerberg tampaknya jadi makin hati-hati mengenai soal kejahatan di dunia maya tersebut, dan mempersenjatai dirinya dengan selotip.

Ya, selotip, atau sering juga disebut dengan isolasi, lakban ataupun plester. Bukan teknologi canggih dengan harga selangit. Selotip itu ditempelkan oleh Zuck di bagian atas layar laptopnya untuk menutupi webcam.

Dengan begitu, sekalipun ada hacker yang bisa menyalakan webcam Zuck dari jarak jauh, dan menggunakannya untuk merekam video, tak ada gambar yang bisa terekam karena kameranya sudah ditutup.

Selain webcam, ada satu slot di laptopnya yang juga ditutupi oleh selotip, namun tak jelas lubang apa yang ditutupi itu. Namun kemungkinan besar itu adalah slot mikrofon, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (22/6/2016).

Hal ini diketahui dari sebuah foto yang diposting oleh Zuck dalam rangka memperingati pencapaian Instagram, yang kini mempunyai 500 juta pengguna bulanan. Dalam foto tersebut, Zuck berpose menggunakan bingkai layaknya tampilan Instagram, dengan sebuah meja dan laptop di sisi kirinya.

Menurut Gizmodo, meja ini dipastikan adalah meja kerja Zuck, karena meja yang sama juga pernah muncul saat Zuck tampil di dalam sebuah video untuk Facebook Live tahun 2015 lalu.

Zuck bukanlah satu-satunya orang terkenal yang memplester webcam di laptopnya. April lalu Direktur FBI James Comey juga mengaku kalau ia melakukan hal serupa, setelah ia melihat seseorang yang disebutnya lebih pintar juga memplester webcamnya.

(asj/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed