Senin, 23 Mei 2016 13:46 WIB

Gampang Belajar Coding di CodeSaya

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: screenshot CodeSaya Foto: screenshot CodeSaya
Jakarta - Belajar coding susah, tidak tahu harus mulai dari mana. Anggapan semacam ini umum bagi pemula. Ganis Zulfa Santoso kemudian melihatnya sebagai peluang dan terpikir membuat CodeSaya.com.

"CodeSaya.com adalah platform belajar coding berbasis web. Di platform ini pengunjung bisa belajar coding secara gratis dan interaktif langsung di browser tanpa perlu install apapun," kata Ganis, demikian sapaan akrabnya, memperkenalkan web besutannya kepada detikINET, Senin (23/5/2016).

Ganis menilai, di era yang semakin digital, Indonesia perlu melahirkan banyak coder. Di sisi lain, sumber informasi dan pembelajaran tentang programming atau coding di Indonesia terbilang masih minim. Hal inilah yang menggerakkan Ganis dan timnya membangun CodeSaya.

"Alasan lainnya adalah membangun CodeSaya itu technically challenging. Tidak mudah membuat produk seperti CodeSaya, dan itu adalah tantangan buat kami," tutur Ganis.

Ditambahkan Ganis, saat ini jumlah pengguna CodeSaya sudah lebih dari 10 ribu orang. Tercatat ada hampir 1 juta kode yang disimpan di CodeSaya.

"Code yang dikirimkan oleh pengguna sebenarnya lebih besar dari angka tersebut, tetapi CodeSaya hanya menyimpan kode dari pengguna terdaftar saja," klaimnya.

Sejak diluncurkan Juni 2013 lalu, CodeSaya sudah mengalami banyak perubahan dan penambahan fitur. Semua fiturnya tentu saja pada intinya untuk memudahkan belajar coding. Fitur-fitur tersebut antara lain:

Belajar interaktif

Pengguna bisa praktek langsung di browser tanpa perlu install apapun. Fitur ini membuat entry barrier bagi pemula sangat kecil. Karena hanya dengan Firefox atau Google Chrome, mereka bisa langsung coding. Kebetulan fitur semacam ini belum ada di Indonesia.

Gaming system

CodeSaya menggunakan sistem pemberian pangkat bagi pengguna. Semakin banyak soal yang dikerjakan, akan semakin tinggi pangkatnya. Ini akan memacu pengguna terus belajar. Seperti dalam game, mereka akan tertantang mencapai level berikutnya.

Artikel

Pengguna bisa menulis artikel di CodeSaya. Artikelnya bisa berupa tutorial, berita, ataupun opini. Artikel-artikel yang dibagi di sini bisa menjadi bahan bacaan dan ajang saling berbagi dengan coder lain.

Weekly Coder

Coder terbaik dan yang paling membantu coder lainnya akan dipajang di halaman depan dari CodeSaya. Ini menjadi semacam reward yang membuat pengguna semakin tertantang untuk terus belajar.

Diskusi

Pengguna bisa berdiskusi satu sama lain, mulai dari membahas sebuah soal, hingga berbagi hal lain yang bisa menambah ilmu berkaitan dengan coding.

Materi Pembelajaran

CodeSaya menyediakan materi teori dan praktek. Pembelajarannya dibagi per bab, kemudian per sub bab dan setelahnya per unit. Setiap unitnya, CodeSaya akan memberikan materi singkat.

Nah, setelah itu, pengguna akan diminta mengerjakan instruksi untuk memeriksa pemahamannya, agar pembelajaran praktek selalu terkontrol. Sistem akan mengecek, memastikan pengguna benar-benar mengerti atau tidak.

Di CodeSaya, pengguna bisa belajar coding untuk Python, PHP, JavaScript, dan Git. Total saat ini sekitar 300 unit soal yang bisa dipelajari oleh pengguna. Materi lainnya dijanjikan sedang dalam pengembangan. (rns/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed