Senin, 09 Mei 2016 07:10 WIB

Ujian Nasional SMP di Jakarta: 1 Komputer Dipakai 3 Siswa

Ferdinan - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Sopan Adrianto mengatakan sebanyak 107 Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jumlah sekolah yang menerapkan UNBK ini meningkat drastis dibandingkan tahun 2015.

"Ada kenaikan 13% sekolah negeri yang sudah memanfaatkan UN Berbasis Komputer. Jumlah SMP Negeri ada 289 sekolah, yang dulu hanya 1 sekolah (UNBK) sekarang sudah 38 sekolah. Sedangkan kalau untuk swastanya itu ada kenaikannya 80%. Sekarang menjadi 69 sekolah dari 8 sekolah sebelumnya," ujar Sopan saat dihubungi detikINET, Senin (9/5/2016).

Sopan memastikan kesiapan pelaksanaan UN tingkat SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang dimulai hari ini. Seluruh soal sudah didistribusikan ke sub rayon dan akan dikirim ke masing-masing sekolah pagi ini.

"Alhamdulillah seluruhnya siap, kekurangan-kekurangan hari ini bisa terselesaikan. Seluruh naskah sudah di sub rayon-sub rayon. Jadi besok pagiĀ  (hari ini) jam 05.30 WIB sudah mulai dibagikan ke sekolah-sekolah," sambungnya.

Dia yakin pengerjaan soal UNBK tidak akan menemui kendala koneksi. Sebab tim ahli IT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menurut Sopan ditempatkan di setiap sekolah yang menggelar UNBK.

"Kita selalu dikawal dengan tim kementerian. Jadi ahli IT-nya memang standby terus. Tetapi misalnya paginya gagal mengikuti UNBK, siswa bisa mengikuti yang siangnya. Karena keterbatasan penyediaan komputer itu menyebabkan sekolah bisa melakukan ujian itu secara tiga shift. Satu komputer dipakai tiga siswa yang terbagi dalam tiga sesi," imbuhnya.

Meski terbagi dalam tiga sesi, Sopan menjamin soal UNBK bervariasi karena itu diyakini tidak akan ada kebocoran soal ujian.

"Jangan khawatir karena tidak mungkin bocor, tidak mungkin peserta mendapatkan soal yang sama karena berbasis komputer memang banyak varian-varian soal yang memang disediakan di modem apa itu istilahnya di server," imbuhnya. (fdn/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed