BERITA TERBARU
Rabu, 09 Mar 2016 14:05 WIB

Ratusan Ribu Hashtag #GMT2016 Ramaikan Twitter

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi (Foto: detikINET - Irna Prihandini) Ilustrasi (Foto: detikINET - Irna Prihandini)
Jakarta - Twitter melaporkan ada lebih dari 510 ribu tweet seputar Gerhana Matahari Total (GMT) selama periode 6-9 Maret 2016. Hashtag #GMT2016 meramaikan Twitter.  

"Puncak percakapan terjadi pada pukul 07.33 WIB hari ini dengan 1.100 tweet per menit. Hashtag #GMT2016 juga menjadi trending topic nomor satu di Indonesia sejak pagi tadi," demikian laporan Twitter seperti diterima detikINET, Rabu (9/3/2016).

Momen spesial yang hanya terjadi 350 tahun sekali ini mendapat respons positif dari masyarakat Indonesia. Mulai dari warga biasa sampai publik figur dan pejabat negara seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membanjiri Twitter dengan foto dan video detik-detik terjadinya gerhana Matahari.   

Gerhana Matahari terakhir kali terlihat di Pulau Jawa pada 11 Juni 1983 silam. Tak heran, gerhana Matahari yang kembali menyambangi daratan Indonesia hari ini dianggap momen langka yang membangkitkan antusiasme publik.  



Gerhana Matahari hari ini melewati 12 provinsi dari Barat hingga Timur Indonesia. Indonesia menjadi satu-satunya negara di mana GMT dapat disaksikan dari wilayah daratan.

Saking pentingnya momen ini, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan angka wisatawan di daerah-daerah yang bersinggungan langsung dengan GMT. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed