Kamis, 18 Feb 2016 13:40 WIB

Laporan dari San Francisco

Jokowi Keliling Silicon Valley Dikawal 50 Polisi Bermotor

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Dokumentasi Google Foto: Dokumentasi Google
San Francisco - Sebagai sosok yang merakyat, Presiden Joko Widodo dikenal enggan mendapat  pengawalan ketat. Tapi di negeri orang, lain cerita. Sebagai tamu negara yang istimewa, Jokowi tetap mendapat pengamanan ekstra.

Saat berkunjung ke Silicon Valley, misalnya, Presiden Jokowi mendapat pengawalan yang ketat dari Pemerintah Amerika Serikat. Ia dan rombongan dijaga oleh 50 polisi bermotor khusus saat mendatangi markas Facebook, Google, hingga Twitter.

Pengamanan yang didapat oleh Presiden Jokowi selama di San Francisco, cukup istimewa. Pasalnya, jarang sekali seorang presiden dari negara lain mendapat perlakuan tersebut.

"Pengamanannya setara dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama," ujar sumber detikINET di kedutaan yang ikut mengiringi perjalanan rombongan Jokowi selama di Amerika Serikat, Kamis (18/2/2016).


Ia menambahkan, pengamanan yang ketat tersebut bukan lantaran permintaan dari pemerintah Indonesia ataupun tingkat ancaman yang tinggi terhadap Presiden Jokowi. Tapi karena pemerintah Amerika Serikat menganggap Jokowi teramat penting.

"Jadi ada perasaan bangga melihat Presiden Jokowi dikawal 50 motor. Ia dianggap istimewa oleh pemerintah Amerika Serikat. Jarang presiden negara lain mendapatkannya," katanya.

Saat ditanyakan kepada perwakilan KJRI San Francisco, pengamanan tersebut diberikan langsung oleh pemerintah Amerika Serikat. Tidak hanya saat di Silicon Valley saja, tapi sejak dari kedatangan hingga kembali ke bandara internasional San Francisco, Presiden Jokowi akan terus dikawal oleh pasukan bermotor tadi.

Seperti apa iring-iringan pengawalan Jokowi selama di San Francisco? Langsung simak saja video berikut ini:




(afr/rou)