Kamis, 18 Feb 2016 11:11 WIB

Ketika Indonesia Raya Berkumandang di Markas Twitter

Yudhianto - detikInet
Foto: Ikhwanul Khabibi/detikINET Foto: Ikhwanul Khabibi/detikINET
San Francisco - Kedatangan Presiden Joko Widodo ke markas Twitter di Amerika Serikat disambut meriah. Namun bagian paling menariknya adalah ketika lagu Indonesia Raya dimainkan oleh sebuah piano demi menyambut orang nomor satu Indonesia itu.

Piano tersebut tidak ada yang memainkan atau secara otomatis memainkan lagunya sendiri. Dari video yang diposting @TwitterID terlihat Jokowi tampak sumringah dibuatnya. Sementara di sebelah Jokowi, staf Twitter menjelaskan bagaimana cara piano tersebut bekerja.



Jadi kabarnya piano kepunyaan Twitter ini bisa memainkan lagu apapun yang ada di daftarnya, hanya dengan mengirimkan tweet langsung ke akun piano tersebut. Sepertinya inilah yang sedang dijelaskan staf Twitter tersebut ke Jokowi.

Terlepas dari itu, setelah pertemuannya dengan Twitter lewat akunnya Jokowi mengajak media sosial 160 karakter ini untuk dapat memanfaatkan layanannya menyebar pesan toleransi dalam tujuan menjaga perdamaian dunia.



"Kami mengajak @twitter ikut sebarkan pesan toleransi dan perdamaian dunia –Jkw," kicau @jokowi.



Kedatangan Jokowi di markas Twitter itu djuga isiarkan secara langsung melalui akun Periscope @presidenjokowidodo.

Dalam video berdurasi 12 menit itu, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana yang disambut oleh CEO Twitter Jack Dorsey, yang terlihat didampingi oleh Country Business Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, partisipasi aktif Indonesia dalam memerangi terorisme dan meningkatkan keamanan untuk mempromosikan perdamaian menjadi sangat penting.

Karena rekam jejaknya dalam melawan terorisme, Indonesia berada di bawah sorotan, terutama setelah serangan yang mengguncang Jakarta tanggal 14 Januari 2016.

Presiden Jokowi sendiri juga menggunakan Twitter untuk mengajak masyarakat Indonesia bersatu melawan aksi ini. Tagar #KamiTidakTakut, #PrayForJakarta dan #SafetyCheckJkt sempat menjadi salah topik populer di Twitter hanya beberapa jam setelah kejadian tersebut.

Jack Dorsey menyambut baik inisiatif Presiden Jokowi. "Kami sangat gembira menyambut kedatangan Presiden Jokowi ke Kantor Pusat Twitter hari ini. Twitter telah membantu masyarakat Indonesia terhubung satu sama lain setiap hari serta memberikan kesempatan untuk menunjukkan keunikan budaya Indonesia ke seluruh dunia. Kami berharap hubungan baik yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut hingga masa mendatang."



(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed