Kamis, 18 Feb 2016 08:25 WIB

Laporan dari San Francisco

Jokowi Sodorkan Program USD 130 Miliar ke Mark Zuckerberg

Ikhwanul Khabibi - detikInet
Foto: Ikhwanul Khabibi/detikINET Foto: Ikhwanul Khabibi/detikINET
San Francisco - Presiden Joko Widodo tak mau kunjungannya di markas Facebook cuma sekadar jalan-jalan. Ia pun mengajak Mark Zuckerberg, sang pendiri sekaligus CEO jejaring sosial itu, untuk ikut membantu Indonesia.

Dalam pertemuan terbatasnya dengan Zuckerberg, Jokowi langsung menyampaikan rencana terkait ekonomi digital yang akan dijalankan di bawah pemerintahannya. Salah satu yang disampaikan roadmap e-commerce yang baru saja rampung digodok.

"Saya harap Facebook dapat kerjasama dalam upaya Indonesia mencapai visi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara yang mencapai USD 130 miliar pada 2020," pinta Jokowi pada Mark Zuckerberg, seperti disaksikan detikINET di Menlo Park, Rabu (17/2/2016).

Presiden yang sebelumnya sempat mengenalkan usaha kecil menengah dan mikro di Indonesia pun ikut meminta Facebook untuk membantu pengembangan kapasitas UMKM di Tanah Air. Serta mengembangkan desa entreprenuer untuk 500 UKM di pedesaan.

Dengan kekuatan akses lebih dari satu miliar pengguna, media sosial terbesar di dunia ini juga diminta membantu mengembangkan akses pasar desa melalui e-commerce.

Tidak ketinggalan Presiden Jokowi turut membicarakan penyediaan akses internet ke berbagai pelosok dunia dan berkolaborasi mempromosikan kedamaian melalui platform digital.

"Saya juga harap Facebook dapat mendukung upaya Indonesia untuk memberdayakan ekonomi digital bagi UMKM. Saya juga mengajak Facebook untuk menguatkan penyebaran pesan toleransi, moderenisasi dan perdamaian," pungkas Jokowi.

(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed