BERITA TERBARU
Selasa, 26 Jan 2016 11:03 WIB

Mengintip Lokasi Rahasia yang Disembunyikan Google Earth

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Layanan Google Earth menampakkan banyak lokasi di muka bumi. Tapi tentu tidak semuanya. Ada beberapa alasan, misalnya sangat terpencil atau merupakan lokasi rahasia yang tidak boleh diperlihatkan pada sembarang orang.

Ya, ada beberapa tempat yang sebenarnya masuk dalam rekaman satelit Goole Earth, tapi sengaja dikaburkan atau dihitamkan karena beberapa alasan. Berikut beberapa di antaranya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Lokasi Riset Haarp, Amerika Serikat

Sebuah lokasi di perbatasan Oregon dan Washington disamarkan Google Earth. Konon, ini adalah lokasi proyek Haarp (High Frequency Active Auroral Research Program). Proyek pemerintah AS yang katanya sudah ditutup ini menciptakan antena powerful untuk meningkatkan secara dramatis teknologi komunikasi.

HAARP memunculkan cukup banyak teori konspirasi. Di antaranya dikatakan bisa membuat senjata untuk mengendalikan pikiran, menonaktifkan satelit sampai menimbulkan gempa dan banjir. Fisikawan bernama Bernard Eastlun menyatakan pula kalau teknologi di HAARP juga bisa memodifikasi cuaca. Tapi sejauh ini belum ada bukti kuat.

Kota Rahasia, Rusia

Ada sebuah wilayah cukup luas di Siberia, Rusia yang sangat dikaburkan di Google Earth untuk alasan yang tidak jelas. Banyak yang mengatakan  itu adalah kota rahasia yang sengaja dibuat Rusia untuk tujuan tertentu, sehingga tidak boleh diketahui publik.

Konon, banyak ahli nuklir Rusia yang bermukim di kota tersebut. Ada pula yang berspekulasi kalau lokasi tersebut sebenarnya adalah stasiun radar canggih atau tempat Rusia meletakkan perangkat penangkal misil.

Penjara Portlaoise, Irlandia

Penjara Portlaoise yang berada di Irlandia adalah tempat tahanan dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Wajar saja karena Portlaoise Prison ini adalah lokasi hukuman para kriminal kelas kakap.

Meski tidak dikaburkan di Google Earth, jika dilihat lebih seksama, warna bangunan terlihat tidak sama dengan sekelilingnya. Ini karena gambar itu sebenarnya bangunan lama, sedangkan bangunan baru tidak ditampakkan. Mungkin untuk mencegah rencana kabur penjahat dari sana.

Kepulauan Faroe

Kepulauan Faroe yang adalah bagian dari Denmark, terletak di samudera Atlantik utara. Ada area besar di kepulauan itu dikaburkan atau sama sekali tidak ada di Google Earth, termasuk basis militer Perang Dunia II.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa Google Earth sampai merahasiakan lokasi yang sebenarnya dinilai tak mencurigakan ini. Tapi ada yang mengatakan pengaburan tersebut terkait dengan hak privasi nelayan di sana.

Bendungan Keowee, Amerika Serikat

Bendungan Keowee yang terletak di Carolina Selatan, Amerika Serikat, termasuk lokasi yang dikaburkan Google. Bendungan tersebut berukuran raksasa, bayangkan saja panjangnya mencapai 42 kilometer dan lebarnya 4,8 kilometer.

Mengapa dikaburkan? Mungkin alasannya terkait karena bendungan ini menjadi sumber penting pendingin air untuk stasiun nuklir Oconee Nuclear Station. Mungkin pengelolanya tidak mau mengambil risiko apapun terkait bendungan ini.

Pangkalan Udara Volkel, Belanda

Menurut mantan Perdana Menteri Belanda, Ruud Lubbers, ada 22 bom nuklir milik AS yang disimpan di pangkalan udara Volkel ini. Termasuk bom termonuklir B61 yang katanya empat kali lebih powerful dari ledakan bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Bom dahsyat itu disimpan di sana sejak awal 1960 sehingga kemungkinan untuk alasan keamanan, lokasinya tidak jelas ditampakkan Google Earth. Tidak hanya di sana, konon AS juga masih memiliki simpanan bom nuklir di Belgia, Jerman dan Turki.

(fyk/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed