Ultah ke-15, Wikipedia Berjuang Cari Dana Segar

Ultah ke-15, Wikipedia Berjuang Cari Dana Segar

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 15 Jan 2016 16:01 WIB
Foto: Telegraph
Jakarta - Wikipedia sedang merayakan ulang tahunnya. Namun di usianya yang ke-15, situs ensiklopedia tersebut harus mencari cara mendapatkan kucuran dana segar untuk pengembangan layanannya.

Layanan yang diluncurkan pada 15 Januari 2001 ini akan membuat program donasi baru untuk mendapatkan USD 250 juta atau sekitar 3,4 triliun. Ensiklopedia online ini memang bergantung pada donasi untuk kelangsungan operasionalnya.

Program donasi akan dimulai dengan uang senilai USD 1 juta yang disumbangkan oleh Jim Pacha, software engineer Wikipedia yang meninggal pada 2014.
Jim Pacha, software engineer Wikipedia yang meninggal pada 2014

Rencananya, program ini akan berjalan hingga 2026. Ketika target dana tercapai, Wikipedia menghentikan program ini. Wikipedia masih berencana meminta sumbangan dari para penggunanya agar layanannya tetap bersih dari iklan.

"Kami memiliki model pendanaan yang lebih baik saat ini. Namun internet berubah, jadi ini bukan sesuatu yang bisa kami hitung selamanya. Wikipedia adalah hal yang unik, dan pendanaan ada untuk memastikan kultur kekayaan tidak akan pernah lenyap," sebutnya.  

Seperti detikINET kutip dari ABC News, Jumat (15/1/2016), pemasukan tambahan dari program donasi ini akan sangat membantu Wikipedia. Seperti diketahui, meski populer sebagai ensiklopedi yang menjadi rujukan banyak orang, Wikipedia harus berjuang menstabilkan finansialnya. (rns/rou)