BERITA TERBARU
Selasa, 12 Jan 2016 07:26 WIB

Begini Cara Hemat Data 60% Saat Streaming Netflix

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix
Jakarta - Opera coba memanfaatkan popularitas Netflix dengan memperkenalkan kembali layanan manajemen paket internet smartphone yang diberi nama Opera Max. Aplikasi ini diklaim mampu menekan penggunaan data internet secara signifikan, bahkan hingga 60%.

Untuk menikmati konten streaming seperti yang ditawarkan Netflix, selain harus berlanggan dengan membayar paket minimal Rp 109 ribu, kita juga memerlukan kuota data yang tidak sedikit.

Dalam ilustrasi yang dipaparkan Opera, streaming film di Netflix dengan kualitas standard definition atau SD diperkirakan akan menghabiskan paket data hingga 700 MB.

Seandainya terus belanjut nonton film selama lebih dari 2 jam, paket data yang akan tersedot diperkirakan bisa lebih dari 1,4 GB. Inilah yang membuat layanan streaming konten video tidak bisa dikatakan murah.

Kondisi tersebut menjadi dasar untuk mengembangkan Opera Max. Seperti dikutip dari keterangan yang diterima detikINET, Selasa (12/1/2016), Opera Max diklaim mampu menghemat penggunaan data hingga 60%.

Ini berarti kita bisa menonton dua kali lebih banyak dengan jumah paket internet yang sama. Menariknya lagi, penghematan tersebut tidak akan terlalu banyak mempengaruhi kualitas video yang sedang ditonton.

Dengan skema yang diberikan, jika smartphone seharusnya menggunakan 1 GB paket data ketika menonton film streaming, adanya Opera Max membuat kita hanya perlu menggunakan kuota data sekitar 400 MB saja.

Dari sumber yang sama, diungkapkan bahwa cara kerja Opera Max untuk menghemat penggunaa data, yakni mengirimkan video yang ingin ditonton ke servernya terlebih dahulu. Video tersebut akan dikompresi sedemikian rupa, sebelum dikirim ke smartphone pengguna.

Menariknya, selain untuk mengompresi data, Opera Max juga bisa digunakan untuk memblokir Netflix dari paket data ponsel dan hanya mengaktifkannya apabila kita berada di jaringan WiFi. Aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatur aplikasi apa saja yang boleh mengonsumsi data dari jaringan seluler.

Jika Anda menggunakan paket data unlimited, Opera Max mungkin tidak akan terlalu banyak berarti. Akan tetapi, jika menggunakan paket data dengan kuota, aplikasi tersebut bisa sangat membantu. Sejauh ini, aplikasi Opera Max ini baru bisa digunakan di smartphone Android saja.

(rou/rou)
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed