Selasa, 27 Okt 2015 18:55 WIB

Misi Seribu Teknopreneur Ikut Didukung Akademisi

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Menkominfo Rudiantara dalam misi menciptakan seribu teknopreneur (rou/detikINET) Menkominfo Rudiantara dalam misi menciptakan seribu teknopreneur (rou/detikINET)
Jakarta - Langkah pemerintah mendorong tumbuhnya seribu teknopreneur dalam lima tahun ke depan agar Indonesia bisa jadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Pasifik mendapat dukungan dari banyak pihak.

Selain dari para startup inkubator dan venture capital, sambutan juga datang dari pihak akademisi. Menurut mereka, langkah yang tengah dirintis Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sudah tepat.

"Kami tentu ikut menyambut baik inisatif pemerintah untuk menumbuhkan wirusahawan berbasis internet," kata Mochamad Akbar Marwan, Doktor TI jebolan Universitas Gunadarma saat berbincang dengan detikINET di Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Gunadarma sendiri selama ini telah terbukti menghasilkan banyak sumber daya manusia di industri teknologi informasi komunikasi. Berbekal dari situ, kampus yang berpusat di Depok itupun akan lebih giat lagi menggandeng komunitas startup di seputaran lingkungan kampus, misalnya seperti Code Margonda.

"Selain Code Margonda, kita juga ada yang namanya Incubator Business Center atau IBC. Setiap tahunnya kita mendorong mahasiswa untuk bikin perusahaan startup yang membuat produk yang unik. Kita juga kasih fasilitas, termasuk untuk kantornya di kampus yang ada di TB Simatupang," papar Akbar.

Tak hanya itu, pengembangan sumber daya manusia di kampus Gunadarma juga tak melulu bicara soal teknologi. Namun juga lebih luas, misalnya untuk olahraga yang mengandalkan strategi berpikir seperti catur.

Gunadarma sendiri baru saja meraih medali emas dan perak pada kejuaraan catur dunia 1st Asian University Chess Championship yang digelar di Capital University of Physical Education and Sport di Beijing, Tiongkok.

"Medali emas didapat oleh Grand Master Susanto Megaranto pada katagori perseorangan. Adapun medali perak didapatkan dari katagori beregu," pungkas Akbar saat membicarakan kompetisi yang diikuti oleh 10 negara itu pekan lalu.

(rou/rns)
Menkominfo Rudiantara dalam misi menciptakan seribu teknopreneur (rou/detikINET)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed