Selasa, 06 Okt 2015 09:57 WIB

AtmaGo Jadi Wadah Gotong Royong Netizen

Adi Fida Rahman - detikInet
Jakarta - Hidup di perkotaan seperti Jakarta kerap dihadapkan segudang persoalan, mulai dari kemacetan, pencemaran udara hingga keamanan. Sayangnya, masyarakat kerap acuh dan menyerahkan ke pemerintah untuk menyelesaikannya. Padahal dengan partisipasi dari warga, segala persoalan dapat cepat terselesaikan.

Hal inilah yang mendorong pihak AtmaConnect untuk memboyong AtmaGo.com ke tanah air. Organisasi nirlaba yang bermarkas di San Fransisco, Amerika Serikat ini ingin lebih memberdayakan masyarakat lewat media sosial.

Dijelaskan oleh Alfan Rodhi, Indonesia Field Director AtmaConnect Indonesia, saat ini banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di media sosial. Namun kebanyakan mereka memposting segala tentang diri mereka sendiri, seperti dari apa yang dilakukan hingga dikenakan.

Lantas, terbesitlah ide untuk lebih memanfaatkan media sosial untuk saling membantu dan mewujudkan kondisi yang lebih baik. Kemudian terciptalah AtmaGo.com. Lewat aplikasi mobile ini pengguna dapat berbagai masalah dengan warga sekitar lingkungannya dan memberi solusi.

 



"Memberdayakan warga masyarakat dari, untuk dan warga sendiri," ujar Alfan saat berbincang dengan detikINET.

Pria berkacamata ini menerangkan AtmaGo.com dibuat ringan dan ramah bandwitdh. Tampilannya pun dibuat sederhana agar pengguna dapat mengakses dengan cepat dan mudah. Selain itu, pengguna bisa mengurutkan berdasarkan kota dan lingkungan wilayahnya.

"Misalnya ada warga yang bertanya, di mana mencari dokter anak yang bagus dan terjangkau di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Maka warga yang mengetahui dapat membantu dengan memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut," jelasnya.
 
Lebih lanjut, Alfan menuturkan AtmaGo.com dapat juga digunakan untuk berbagi informasi lainnya. Ada enam kategori yang terdapat di AtmaGo.com, jual beli, berbagi solusi, lapor masalah, angkutan umum, rekomendasi dan karier.

"AtmaGo.com dapat menjadi tempat untuk gotong-royong di internet. Warga dapat membantu sesama dan meningkatkan kualitas hidup mereka lewat berbagi informasi dan memperbaiki lingkungan mereka dari bawah," pungkasnya.

(rou/rou)


Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed