Microsoft Ingin Pengguna Beralih ke Edge

Microsoft Ingin Pengguna Beralih ke Edge

Rachmatunisa - detikInet
Selasa, 08 Sep 2015 08:11 WIB
Jakarta - Microsoft benar-benar ingin agar semakin banyak orang tertarik menggunakan Edge, browser terbarunya yang diperkenalkan berbarengan dengan kemunculan Windows 10.

Banyak pengguna, seperti dilansir Irish Examiner, Selasa (8/9/2015) melaporkan, jika mereka menggunakan Edge saat melakukan pencarian terkait dengan keyword yang menyebut 'rivalnya', seperti 'Chrome' atau 'Firefox', akan muncul pop up.

Isi pop up tersebut menjelaskan alasan mengapa Microsoft merekomendasikan pengguna agar tetap memakai Edge. Contoh pop up adalah seperti yang terlihat dalam gambar di bawah ini.



Microsoft berupaya menginformasikan bahwa menggunakan browser lain akan mendatangkan masalah. Sang raksasa software meyakinkan bahwa Windows 10 dan Edge dirancang untuk dipakai bersama sehingga fungsinya akan berjalan maksimal.

Namun pesan pop up ini sepertinya hanya muncul ketika pengguna melakukan pencarian dengan keyword si 'rival' untuk pertama kalinya, dan tidak dialami pengguna di seluruh negara.

Memang sudah menjadi 'PR' Microsoft untuk membuat orang agar mau berpaling ke Edge. Saat baru diperkenalkan, Microsoft sesumbar bahwa browsernya jauh lebih bagus ketimbang kompetitor.

Untuk memperkuat klaim tersebut, beberapa waktu lalu mereka pun melakukan pengujian JavaScript. Hasilnya, Edge mempecundangi Chrome, Firefox dan Internet Explorer.

Dalam pengujian ini, Microsoft melakukan dua jenis tes benchmark. Pertama, menggunakan Octane 2.0 yang dikembangkan oleh Google. Pengujian ini untuk melihat angka JavaScript pada browser versi 64 bit. Pengujian kedua, menggunakan Jet Stream besutan Apple.

(rns/asj)