Anak Muda, Masa Depan Kreatif Digital

Anak Muda, Masa Depan Kreatif Digital

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Sabtu, 23 Mei 2015 17:55 WIB
Menpora Imam Nahrowi dan Febriati Nadira
Jakarta -

Anak muda memegang peranan penting dalam masa depan bisnis kreatif digital di Indonesia. Namun untuk menuju ke sana, diperlukan pendekatan khusus untuk menarik minat mereka dengan cara yang 'anak muda banget'.

Pendekatan ini coba dilakukan melalui ajang Youth Xperience Zone (Yxz) yang dihelat beberapa kalangan profesional. Ajang ini diharapkan bisa mendorong anak-anak muda di Indonesia menjadi lebih kreatif di era digital.

Praktisi PR dan Digital PR Activist Febriati Nadira yang merupakan salah satu penggagas acara Yxz mengatakan ajang tersebut diselenggarakan untuk dapat menjadi Youth icon yang berciri Indonesia.

Seperti dijelaskan oleh Ira -- panggilan akrab Febriati Nadira -- Yxz ini merupakan event pertama di Indonesia yang mengombinasikan Youth Seminar, Youth Workshop, dan Youth Fun Party dalam satu tempat sekaligus.

“Melalui Yxz kami ingin anak muda Indonesia, yang kelak menjadi pilar bangsa di masa depan, mendapatkan dan mencerna berbagai kisah serta pengalaman para pelaku industri kreatif," ujarnya kepada detikINET, Sabtu (23/5/2015).

"Baik dari industri film, musik, hiburan, hingga inovasi teknologi, sebagai inspirasi untuk membangun masa depan yang lebih baik,” lanjut wanita cantik yang pernah berkarir di Telkomsel, XL Axiata, dan Mandiri Sekuritas itu.

Dikatakannya, tidak kurang dari 28% populasi penduduk Indonesia, atau sekitar 64 juta orang, merupakan generasi muda dengan rentang usia 15-29 tahun. Generasi ini yang nantinya akan memainkan peran besar dalam menciptakan ekosistem yang inovatif dan kreatif.

Melalui program Nawa Cita, pemerintah pun telah berkomitmen untuk mendorong inovasi teknologi lokal, yang dapat bersaing dengan negara-negara maju. Hal itu ditegaskan oleh Menpora Imam Nahrowi yang ikut hadir di acara Yxz ini.

"Kami selaku penggagas acara bersama para stakeholders ingin turut berkontribusi dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi dari anak muda di Tanah Air, berdasarkan passion serta minat mereka," jelas ira.

CEO Melon Indonesia Budi Setiawan menambahkan sebagai salah satu bagian ekosistem industri digital kreatif di Indonesia, Melon secara konsisten mendukung aktivitas-aktivitas yang memberikan ruang bagi pengembangan industri kreatif khususnya bagi generasi muda seperti Yxz ini.

Untuk menggaet anak muda yang merupakan mahasiswa, acara Yxz dikemas dengan inspiratif, memikat, dan full of fun, dalam tiga rangkaian program yaitu Youth Seminar, Youth Workshop, dan Youth Fun Party.

Selain itu, di acara Yxz ini juga dihadirkan beberapa Startup yang akan menampilkan karya terbaik mereka untuk menginspirasi anak muda. Serentetan program kreatif ini dilakukan selama 10 jam nonstop dari pukul 13:00 WIB hingga 23:00 WIB di Balai Kartini Jakarta.

Nama-nama besar dan mentereng di tiap-tiap industri pun sengaja dilibatkan untuk berbagi pengalaman, berdasarkan dua minat: Innovation dan Art. Sebut saja visioner bisnis digital Onno W Purbo yang akrab disapa Kang Onno, sosok penulis wanita yang juga merintis sejumlah startup lokal yaitu Ollie, serta Kevin Aprilio, musisi muda, produser, sekaligus pencipta lagu berbakat yang juga merupakan pianis dari grup musik Vierratale. Ketiganya akan buka-bukaan, berbagi tips dan ilmu dalam Youth Seminar.

Setelah mendapat bekal ilmu dan wawasan, para peserta akan dibuat lebih aktif terlibat dalam sebuah Youth Workshop. Di sesi Innovation, para peserta akan didorong untuk lebih proaktif dalam mengambil keputusan, seperti menangkap peluang bisnis, menciptakan karakter startup, hingga mempelajari etika serta hak cipta. Andi S Boediman, Managing Partner Ideosource, akan memandu selaku workshop director.

Di sesi Art, sutradara ternama Hanung Bramantyo akan berbagi ilmunya pada peserta seputar visualisasi dalam industri digital dan monetisasi industri visual, serta Giring 'Nidji' yang akan mengajak para peserta agar lebih jeli dan kreatif dalam upaya komersialiasi musik, serta berperang melawan pembajakan konten sebagai pelanggaran hak cipta.

Setelah melewati rangkaian acara seminar dan workshop, para peserta akan dihibur dengan berbagai acara musik, dance, mask party, serta standup comedy. Grup musik Nidji, Cak Lontong, DJ Flow Downie, DJ Nilam Puspita, serta Angels Percussions siap menyemarakkan Youth Fun Party.

"Target kami, kurang lebih 1.000 mahasiswa yang terlibat dalam acara Yxz tahun ini, dapat menjadi generasi yang dinamis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan jaman. Kami berharap, mereka kelak dapat memberikan sumbangsih besar untuk negeri, dan mengantar Indonesia ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan setara dengan negara-negara maju," tegas Ira.



(Achmad Rouzni Noor II/Achmad Rouzni Noor II)