Komikus Lokal Go Internasional via Line Webtoon

Komikus Lokal Go Internasional via Line Webtoon

- detikInet
Kamis, 14 Mei 2015 15:55 WIB
Jakarta - Line mengklaim, channel Webtoon yang dirilisnya disambut hangat para penggemar komik di Indonesia. Karena melalui Line Webtoon, mereka bisa membunuh waktu dengan membaca komik di mana saja di ponsel mereka.

Aplikasi messaging asal Korea Selatan itu mengatakan Line Webtoon saat ini menjadi topik yang ramai diperbincangkan para pengguna di Indonesia. Beberapa di antara mereka kabarnya mengaku serial Webtoon menjadi sebuah solusi untuk mengisi waktu di saat menempuh kemacetan, sekaligus membuat malam lebih panjang untuk dihabiskan membaca komik melalui gadget mereka.

"Sejak tersedianya layanan Webtoon di Indonesia, kami telah mendapat tanggapan dan perhatian yang luar biasa positif dari para pembaca dan pengguna," kata JunKoo Kim, pencetus Webtoon dengan semangat.

Dikatakannya, Official Account LINE Webtoon (@idwebtoon) bahkan langsung mendapatkan dua juta pengikut hanya dua minggu berselang sejak pertama kali diperkenalkan.

"Ini menjadi bukti kuat bahwa orang-orang Indonesia sudah siap mendukung cara baru membaca komik yakni melalui perangkat ponsel mereka, kapan dan di mana saja," ujarnya dalam keterangan melalui email kepada detikINET, Kamis (14/5/2015).

Line Webtoon adalah sebuah platform penerbitan digital, tersedia di web dan mobile untuk Android dan iOS, gratis bagi para pembuat komik baik amatir maupun profesional. Di sini, mereka bisa menampilkan karya terbaik kepada para penyuka komik, tak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia.

Karena serial Webtoon ini akan diperbarui per hari dan tersedia dalam berbagai pilihan bahasa, sehingga pembaca dari seluruh dunia bisa menikmatinya.

Di Line Webtoon terdapat layanan dimana para penggemar bisa menemukan konten komik berbasis web (webcomic) secara teratur. Dengan keragaman serial webcomic, para penggemar komik dapat selalu memiliki konten terbaru. Para pengguna Line Webtoon dapat juga menikmati berbagai genre webcomics, mengakses konten dan menerima notifikasi kapan seri terbaru akan dirilis tersedia.

Di antara cerita komik di Line Webtoon, adalah salah satunya yang cukup populer yakni 'Si Juki', karya Faza Meonk. Komik ini bercerita tentang tokoh bernama Juki, seorang pemuda yang tinggal di rumah kos dan menjalani kesehariannya dengan banyak humor sehingga mudah dimengerti oleh para pembaca muda di perkotaan.

Komik lain karya komikus lokal yang tak kalah populer adalah 'Piraku X Piraku' yang dibuat oleh komikus asal Bandung, Sweta Kartika. Komik ini bercerita seputar keluarga yang anak-anaknya memiliki kemampuan super dan membawa mereka pada petulangan-petualangan seru.

Ada juga 'Orange Marmalade', sebuah kisah gadis remaja vampir yang berusaha menyembunyikan identitas dirinya, namun dia jatuh cinta kepada remaja pria terkenal yang membenci vampir. Kisah ini memiliki basis penggemar yang banyak di Indonesia dan saat ini bahkan sedang diangkat kisahnya menjadi sebuah serial televisi di Korea Selatan.

"Melihat fenomena yang luar biasa ini di Indonesia, kami percaya Line Webtoon akan menjadi lebih dari sekedar platform komik dan penerbitan, tapi menjadi sebuah platform katalisator kreativitas bagi para bakat-bakat dan pembuat komik di Indonesia," kata Jun Koo Kim.

Dia menambahkan, pihak Line sangat mendorong pembuat komik lokal di Indonesia untuk bergabung bersama mereka untuk mempublikasikan karya terbaiknya melalui Line Webtoon.

(rns/rns)