Kamis, 07 Mei 2015 16:13 WIB

Mahasiswa Surabaya Bikin Aplikasi Anti Depresi

- detikInet
Audrey Maximillian Herli (YouTube) Audrey Maximillian Herli (YouTube)
Jakarta - Audrey Maximillian Herli membayangkan betapa indahnya jika semua orang di Indonesia tersenyum. Melalui aplikasi yang dibuatnya, mahasiswa Sistem Informasi Universitas Airlangga, Surabaya ini ingin meringankan beban orang depresi sehingga mereka bisa tersenyum kembali.

"Tiap orang punya permasalahan pribadi seperti cinta, keluarga, pertemanan, pernikahan, karir dan lain-lain. Permasalahan pribadi seseorang kerap memunculkan depresi," Audrey bercerita melalui channel YouTube-nya.

Mengutip data World Health Organization (WHO) pada 2014, Audrey mengatakan ada 800 ribu kasus bunuh diri karena depresi di seluruh dunia setiap tahunnya. Ingin ikut ambil bagian dalam menekan angka ini, Audrey pun membuat aplikasi Android bernama Relieve.

Dijelaskannya, aplikasi ini memungkinkan pengguna yang memiliki permasalahan pribadi bisa mendapatkan konsultasi online gratis dan solusi yang tepat dari para psikolog atau orang-orang yang berpengalaman secara anonim.

Kerja keras Audrey tak sia-sia, karena aplikasi ini memenangkan kompetisi 'Satu Mulai' yang diadakan Google Indonesia. Kompetisi 'Satu Mulai' sendiri merupakan bagian dari peluncuran program Android One di Indonesia. Tujuannya, menantang kreatifitas anak-anak muda agar internet bisa memiliki lebih banyak manfaat baik bagi diri sendiri, lingkungan dan bahkan negara.

Kompetisi 'Satu Mulai' dilaksanakan sejak 18 Maret 2015, dan setiap minggunya telah terpilih 3 pemenang yang mendapatkan satu unit smartphone Andorid One dari Google.

Satu dari tiga pemenang mingguan ini mendapatkan kesempatan langka untuk menerima arahan langsung dari satu dari dua belas juri yang sudah ditunjuk oleh Google seperti blogger Enda Nasution, Anji 'Drive', JFlow, Olga Lydia, Yosi Project Pop, dan Steny Agustaf. Kemudian, 12 peserta kontes kembali diadu sehingga mendapatkan 1 orang pemenang utama.

"Kami sangat bangga melihat hasil-hasil yang masuk ke kompetisi 'Satu Mulai' ini. 12 ide terbaik yang sudah terpilih sangatlah unik. Hal ini mendorong kami untuk selalu memberikan yang terbaik dan terdepan untuk membantu masyarakat agar dapat memaksimalkan teknologi untuk membuat sesuatu yang akan sangat berguna bagi sekitarnya," ujar Sandy Tantra, Consumer Marketing Manager Google Indonesia.

Setelah melalui penjurian yang cukup ketat, Google mengumumkan Audrey lah yang pantas keluar sebagai pemenang. Selain mendapatkan handset Android One, Audrey juga mendapat kesempatan asyik mengunjungi kantor Google di Jepang dan mendapat mentoring lebih lanjut.

"Ide aplikasi Relieve App dibuat berdasarkan kebutuhan nyata berupa potensi untuk sharing di depan profesional, secara objektif, dan punya cakupan luas untuk berbagai hal seperti konsultasi masalah pribadi, keluarga, mencari pekerjaan hingga mentoring karier," komentar Enda Nasution yang menjadi salah satu juri kompetisi.

Juri lain, artis Olga Lydia mengatakan kontes semacam ini menggelitik kaum muda untuk memulai sesuatu, mengingatkan dirinya pada pepatah Konfusius yang terkenal, 'A journey of a thousands miles starts with one step'.

"Saya percaya ide-ide ini akan menggelinding jauh menyentuh banyak hati dan kehidupan manusia, dan semua dimulai dari satu langkah, satu keberanian untuk mengambil langkah pertama," yakinnya.




(rns/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed