Selasa, 17 Mar 2015 09:54 WIB

Di Bank Ini Tarik Uang di ATM Tak Perlu Kartu Debit

- detikInet
Ilustrasi (gettyimages) Ilustrasi (gettyimages)
Jakarta -

Teknologi kian berkembang, termasuk di dunia perbankan. Bahkan kini, menarik uang di mesin ATM sudah bisa tanpa menggunakan kartu debit, cukup melalui aplikasi di smartphone.

Adalah bank BMO Harris di Chicago, Amerika Serikat, yang baru saja memperkenalkan jaringan ATM tanpa kartu terbesar di Negeri Paman Sam. BMO Harris yang adalah anak perusahaan Bank of Montreal, Kanada, menyatakan teknologi ini mempercepat transaksi dan meminimalisir penipuan.

Jadi bagaimana caranya? Untuk menggunakan teknologi ini, konsumen harus mempersiapkan transaksi terlebih dulu sebelum menuju ATM. Mereka log in ke aplikasi mobile banking di smartphone, mengetik jumlah uang yang akan ditarik, baru menuju ke ATM dan menekan tombol mobile cash.

Setelah konsumen menunjukkan kode QR di smartphone ke reader, ATM akan mengeluarkan uang tunai sesuai jumlah yang sudah diketik. Pihak bank menyatakan transaksi mobile cash ini hanya butuh waktu 15 detik dibandingkan cara konvensional sampai 45 detik dan juga lebih aman.

Dikatakan lebih aman karena konsumen tak perlu memasukkan kartu debit sehingga terhindar dari aksi kejahatan di mesin ATM. Selain itu, tidak ada informasi mengenai kartu yang tersimpan di ponsel dan bank bisa menghapus aplikasinya dari jarak jauh jika ponsel tercuri.

Aliran informasi antara ponsel dengan kartu ATM pun terenskripsi. Ketika uang sudah berhasil ditarik, data transaksi langsung terhapus dan tak bisa dipakai ulang. Bank BMO pertama kali akan merilis layanan ini di Amerika Serikat karena sistem sekuriti dianggap sudah memadai.

"Kartu debit bisa hilang atau tercuri. PIN pun bisa diambil. Semua hal tersebut sebenarnya bisa dihindari dengan penggunaan smartphone," kata Connie Stefankiewicz, Head of North American Channel Strategy and Solutions Bank of Montreal.

Penipuan terkait karu ATM memang besar, mencapai USD 1,7 miliar di AS pada tahun 2012 sehingga inisiatif ini diperkenalkan. Saat ini sistem tersebut sudah bisa digunakan di 750 ATM dan akan meningkat sampai 900 ATM di bulan Juni mendatang.

Meski saat ini orang-orang, terutama di negara maju, semakin jarang menggunakan uang tunai dalam transaksi, bank BMO percaya diri layanan barunya itu akan tetap diminati.

"Penggunaan uang tunai di AS masih cukup tinggi. Di AS ini, orang-orang hampir selalu mempunyai uang tunai," ucap Connie yang dikutip detikINET dari Wall Street Journal, Selasa (17/3/2015).

Sebenarnya, layanan tarik uang di ATM tanpa kartu ini bukan yang pertama di AS. Dalam skala yang lebih kecil, bank Wintrust Financial Corp yang juga berbasis di Chicago juga punya teknologi serupa di 195 ATM.

(fyk/ash)