Selasa, 03 Mar 2015 08:15 WIB

Orang Terkaya Dunia Masih dari Jagat Teknologi

- detikInet
Bill Gates (gettyimages) Bill Gates (gettyimages)
Jakarta - Forbes kembali merilis peringkat orang terkaya di dunia untuk 2015 ini. Dari daftar tersebut, jumlah orang kaya di dunia dengan harta di atas USD 1 miliar, mencapai 1.826 orang dengan total kekayaan USD 7,05 triliun -- naik dari USD 6,4 triliun tahun sebelumnya.

Ada 290 orang kaya baru yang masuk daftar ini. Dari jumlah itu 71 orang berasal dari China. Jumlah orang kaya yang masih berumur di bawah 40 tahun juga bertambah menjadi 46 orang. Rata-rata kekayaan para miliuner ini adalah USD 3,86 miliar.

Lantas, siapa yang paling kaya? Seperti detikINET kutip dari situs Forbes, Selasa (3/3/2015), dari lima teratas orang terkaya di dunia ternyata masih datang dari jagat teknologi. Siapa mereka, kita tentu sudah bisa menebaknya.

Ya benar, Bill Gates sang pendiri Microsoft yang kini berumur 59 tahun itu masih menjadi orang terkaya di jagat bumi. Nilai kekayaan Gates USD 79,4 miliar atau sekitar Rp 952,8 triliun. Kekayaan Gates naik USD 1 miliar lebih dari tahun lalu.

Selain kaya, Gates juga terkenal dermawan. Kekayaannya tak ada habisnya meski banyak disumbangkan untuk kemanusiaan. Lewat Bill & Melinda Gates Foundation, ia sudah mendonasikan USD 29,5 miliar.

Gates kembali menyandang nomor satu terkaya sejak Maret 2014, setelah posisi tersebut diduduki oleh Carlos Slim asal Meksiko selama empat tahun berturut-turut.

Carlos Slim yang kini berumur 75 tahun juga masih jadi orang terkaya kedua dunia. Jumlah kekayaan pengusaha telekomunikasi asal Meksiko itu mencapai USD 77,1 miliar atau sekitar Rp 925 triliun.

Slim terkenal sebagai konglomerat sektor telekomunikasi. Pada Juni 2014 lalu, dia membeli 8,3% saham AT&T di America Movil seharga USD 5,6 miliar. Dia dan anaknya memiliki 62% saham di perusahaan tersebut.

Selain telekomunikasi, Slim juga memiliki perusahaan properti bernama Innmeubles Carso. Slim juga memiliki saham mayoritas di harian New York Times.

Di bawah Slim, nama seperti Warren Buffet dan Amancio Ortega juga ikut menghiasi daftar orang terkaya dunia di luar jagat teknologi. Sementara di peringkat kelima ada Larry Elison yang sering dijuluki 'the real Tony Stark of Iron Man'.

Pria berumur 70 tahun ini merupakan pendiri perusahaan teknologi Oracle di Amerika Serikat. Jumlah kekayaan Ellison mencapai USD 54,3 miliar, atau sekitar Rp 651,6 triliun.

Ellison juga merupakan salah satu wirausaha teknologi pertama di Silicon Valley. Dia tidak pernah menemui ayah kandungnya, dan dibesarkan di Chicago oleh bibinya.

Setelah bekerja membangun database CIA, Ellison mendirikan Oracle pada 1977 dan di 2014 berhasil mendapat omzet USD 38,3 miliar.

Dia juga merambah bisnis properti di sebuah pulau di Hawaii bernama Lanai, yang dibelinya USD 300 juta pada 2012. Disebutkan, Ellison menguasai seluruh kamar hotel di pulau tersebut.

(rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed