Berburu Diskon di Hari Belanja Online Nasional

Berburu Diskon di Hari Belanja Online Nasional

- detikInet
Kamis, 11 Des 2014 15:57 WIB
Andry Huzain (yud/detikINET)
Jakarta - Bila di Amerika Serikat ada event Black Friday dan Cyber Monday, maka Indonesia punya hari belanja online nasional (Harbolnas). Ya, ini adalah hari dimana semua penggiat bisnis e-commerce menggelar diskon gila-gilaan.

Harbolnas dicanangkan pada 12-12 alias 12 Desember tiap tahunnya. Kini, event tersebut telah memasuki tahun ketiga dengan peserta toko online yang meningkat signifikan.

Bila di tahun pertama yang dilakukan pada 2012 hanya diikuti tak sampai 10 situs e-commerce, kemudian hanya sekitar belasan di 2013, di tahun ketiganya ini hari belanja online diikuti oleh 78 lapak online.

Mereka pun bakal berlomba mengaet konsumen dengan banjir diskon, mulai dari 30% hingga yang paling tinggi mencapai 90%. Itu belum termasuk sejumlah penawaran menarik yang ditawarkan partner yang mendukung Harbolnas.

“Ini (Harbolnas-red) bisa jadi kesempatan besar bagi pelaku e-commerce untuk membangun ekosistem e-commerce di Indonesia. Dengan memberikan pengalaman terbaik (lewat tawaran diskon) dalam berbelanja online,” ujar Andry Huzain, SVP Marketing & BD Lazada Indonesia, di hotel Intercontinental, Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Berbagai kategori belanjaan bisa diburu konsumen mulai dari gadget, elektronik, fashion, lifestyle, travel, kuliner hingga properti. Seluruh barang diskonan yang ditawarkan akan berlaku selama 24 jam penuh pada 12 Desember mulai pukul 00.01 sampai 23:59.

"Tujuan lain momen hari belanja online nasional adalah juga untuk menaikkan baseline jumlah transaksi online para penggiat e-commerce. Selanjutnya tugas para penggiat e-commerce adalah mempertahankan beseline yang berhasil naik (saat hari belanja online nasional) di waktu-waktu ke depannya," imbuh Andry.

Adapun beberapa situs e-commerce yang mengikuti hari belanja online nasional di antaranya adalah Lazada, Elevania, Rakuten, Zalora, Damn I Love Indonesia, Global Teleshop, Okeshop, Groupon, Alfamart, dan masih banyak lagi. Selamat berburu diskonan...

(yud/ash)