Jurus Facebook agar Aplikasinya Tak Rakus Memori

Jurus Facebook agar Aplikasinya Tak Rakus Memori

- detikInet
Selasa, 25 Nov 2014 11:38 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta - Jika Anda sering menggunakan Facebook di iPhone, atau mungkin juga ponsel lain, Anda akan menemukan aplikasi ini perlahan memakan kapasitas penyimpanan.

Seperti dilansir Business Insider, Selasa (25/11/2014), Facebook diam-diam terus memperbesar jumlah penyimpanan karena aplikasi ini membuka link di dalam aplikasi pada browser internalnya, bukan eksternal browser seperti Safari atau Chrome.

Facebook memang merancang aplikasinya seperti itu, sehingga kapan pun Anda membuka webpage yang diposting teman di aplikasi Facebook, ini akan menyimpan cache seluruh halaman di perangkat Anda.

Tentunya, ini akan menjadi masalah karena semakin banyak halaman yang Anda kunjungi, maka akan semakin banyak pula ruang penyimpanan yang perlahan termakan oleh aplikasi ini.

Facebook menyebutkan bahwa saat ini mereka sedang bekerja keras menemukan cara yang seimbang untuk caching konten di aplikasi. Dengan demikian, aplikasi akan berjalan lebih mulus dan menyimpan data mobile pengguna ketika mereka ingin melihat lagi sebuah konten lebih dari sekali.

"Akun foto dan video sebagian besar kami simpan, dan kami membuat update terbaru agar aplikasi menjadi lebih pintar untuk menentukan kapan menghapus foto lama dari perangkat yang sudah tidak digunakan lagi," terang Facebook.

"Kami juga membuat update di v18 aplikasi kami untuk membersihkan cached web page setelah web page cache tersebut mencapai 25 megabytes," tambah Facebook.

Opsi lain, Anda bisa menghapus aplikasi Facebook lalu menginstalnya kembali ketika menemukan aplikasi ini sudah memakan banyak memori.

(rns/ash)