Jumat, 21 Nov 2014 09:51 WIB

50 Domain .id Gratis untuk Blogger Peduli Internet, Siapa Mau?

- detikInet
Ilustrasi (Ist.) Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - ICT Watch melalui program Internet Sehat akan memberikan nama domain 'apapun.id' kepada 50 blogger yang peduli dengan internet Indonesia. Berminat?

Kegiatan ini dalam rangka melanjutkan edukasi dan pemahaman yang lebih luas tentang apa dan bagaimana sebaiknya berperilaku di ranah maya.

“Perlu adanya upaya berkelanjutan untuk mendorong pertumbuhan konten internet yang bermanfaat di Indonesia. Di samping itu, netizen Indonesia juga diharapkan saling mengingatkan tentang etika berekspresi dan berpendapat di internet,” ujar Donny B.U., Direktur Eksekutif ICT Watch, melalui keterangan tertulisnya.

Dengan demikian, internet Indonesia tidak lagi bak hutan belantara bagi penggunanya, khususnya bagi mereka yang berusia muda.

Saat ini, menurut Donny, banyak sekali netizen yang terjerat kasus hukum. “Ini karena minimnya rambu atau pedoman berinternet yang disediakan dan/atau mudah dipahami oleh para netizen, yang jumlahnya kian tahun tumbuh signifikan,” tambah Donny.

Untuk itulah maka ICT Watch bekerjasama dengan layanan hosting lokal Qwords.com berupaya mendorong keterlibatan dan kerjasama dengan blogger di Indonesia sebagai garda terdepan penyedia informasi di ranah maya.

“Bagi 50 blogger yang membantu menyampaikan rambu atau pedoman berekspresi di internet yang nyaman dan beretika, kami menyediakan nama domain 'apapun.id' untuk mereka gunakan. Jadi nanti blogger bisa me-rebranding blog mereka atau membuat blog baru, dengan nama domain sesuai nama mereka sendiri seperti tercantum dalam kartu identitas, misalnya www.rangga.id,” paparnya.

Pemilihan domain apapun.id ini juga bertujuan mempromosikan keberadaan domain lokal kebangaan dan khas Indonesia.

Berikut syarat untuk bisa mendapatkan 1 dari 50 domain apapun.id tersebut adalah:
1. Memiliki blog yang aktif dan bukan baru dibuat untuk mengikuti kegiatan ini. Berarti blog tersebut harus memiliki konten yang cukup update dan diperbaharui berkala. Blog boleh bersifat personal, kelompok ataupun milik institusi tertentu.

2. Menulis dan memposting minimal 1 artikel di blog, dengan judul, panjang tulisan dan gaya bahasa bebas serta dapat dipahami oleh pembaca awam, mengenai satu dari dua pilihan topik berikut ini:
a. “Merawat kebebasan berekspresi yang beretika di internet”
b. “Menjaga keselamatan anak dan remaja di ranah maya”

3. URL/link tulisan tersebut dikirimkan ke email info[at]ictwatch.id dengan subyek, '50 Blogger Peduli'. Kiriman via email tersebut ditunggu selambatnya pada hari Jumat, 5 Desember 2014. Pengumuman yang mendapatkan domain apapun.id dan detil teknis pemesanan nama domain tersebut akan dilakukan pada tanggal 10 Desember 2014, bertepatan dengan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia.

4. Jika jumlah yang mengirimkan URL/link lebih dari 50 blogger, maka pemilihan akan disusun secara peringkat berdasarkan penilaian atas tulisan yang dibuat. Setiap blogger hanya diperkenankan mengirimkan 1 URL/link saja.

(ash/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed