Selasa, 21 Okt 2014 15:15 WIB

8 Tahun Situs Presiden: Diserbu Hacker Sampai Kebanjiran

- detikInet
Situs Presiden RI Situs Presiden RI
Jakarta - Sebagai situs resmi milik orang nomor satu di Indonesia, www.presidenri.go.id tentu begitu seksi untuk diusili. Namun tantangan situs ini tak cuma dari dedemit maya, tapi juga banjir yang melanda.

Made Wiryana, dari tim pengelola situs Presiden RI di era SBY mengungkapkan, situs Presiden RI ini dibangun pada tahun 2006, jadi sudah 8 tahun ia mengudara. Tentunya sudah banyak asam garam yang telah dilalui.

Untuk serangan cyber yang usil misalnya bak sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun syukurnya belum pernah kejadian hacker mengacak-acak sampai ke dalam sistem situs Presiden RI.

"Pernah tak bisa diakses, tapi itu lebih karena DNS redirect, cuma dialihkan aksesnya bukan masuk ke dalam sistem kita," kata Made, yang juga berprofesi sebagai dosen Universitas Gunadarma ini kepada detikINET, Selasa (21/10/2014).

Aksi usil hacker lainnya adalah dengan cara DDoS (Distributed Denial of Service). Dimana aksi yang cukup bikin repot terjadi di hari pertama dan kedua saat situs Presiden RI ini diluncurkan.

"Saat itu upstream-nya yang down," Made menambahkan.

Nah, kejadian paling parah yang mendera situs www.presidenri.go.id justru bukan lantaran aksi hacker, melainkan banjir.

Made lupa tepatnya kapan insiden kebanjiran ini turut menenggelamkan situs Presiden RI. Namun yang pasti, saat itu Jakarta memang tengah dilanda banjir besar sehingga banyak listrik mati yang turut melumpuhkan server yang menunjang istana presiden RI di dunia maya tersebut.

"Alhasil, saat itu kita pindahin servernya dan dihidupkan dengan back-up server," pungkas Made.

(ash/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed