Fitur Anti Maling Sambangi Windows Phone & Android

Fitur Anti Maling Sambangi Windows Phone & Android

- detikInet
Jumat, 20 Jun 2014 17:23 WIB
Windows Phone (gettyimages)
Jakarta -

Pencurian ponsel rupanya juga marak di negara maju. Berbagai lembaga pun meminta agar pabrikan ponsel turut menanggulangi permasalahan tersebut. Permintaan itu sepertinya disanggupi dengan akan disertakannya fitur 'pembunuh'.

Menurut Eric Schneiderman, Jaksa Agung New York, Google dan Microsoft akan menyertakan fitur semacam itu pada generasi baru sistem operasi Android dan Windows Phone. Dengan fitur ini, pengguna ponsel yang tercuri bisa melumpuhkan ponsel itu sehingga tak dapat berfungsi dan susah dijual oleh sang maling.

Google dalam pernyataannya mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan solusi anti maling dalam versi baru Android. Sedangkan Fred Humhries selaku Vice President Microsoft juga mengkonfirmasi pihaknya akan melakukan langkah serupa.

Di Amerika Serikat menurut penelitian Federal Communications Commision, lebih dari 30% pencurian di kota-kota besar mengincar ponsel. Dan dalam beberapa kasus disertai dengan kekerasan.

Fitur 'pembunuh' ponsel dinilai efektif. Apple telah membekali iPhone dengan fitur semacam itu pada September lalu, yang memungkinkan pengguna mengunci atau menghapus data iPhone yang tercuri. Sejak saat itu, angka pencurian iPhone menurun sampai 19%.

"Statistik ini mengilustrasikan efektifitas mengagumkan dari fitur pembunuh itu, dan komitmen Google serta Microsoft adalah langkah besar untuk keamanan konsumen," kata Eric yang detikINET kutip dari Bloomberg, Kamis (20/6/2014).

(fyk/ash)