Senin, 09 Jun 2014 17:03 WIB

Yuk, Belajar Budaya Indonesia Lewat Genggaman

- detikInet
Ilustrasi (detikINET) Ilustrasi (detikINET)
Jakarta - Indonesia kaya akan budaya. Semua orang tahu itu. Namun pertanyaannya adalah, seberapa tahu Anda tentang budaya Indonesia dan apa usaha untuk melestarikannya?

Nah, jika ditanyakan pertanyaan tersebut, pasti banyak yang geleng-geleng kepala. Meski tentu tak semuanya demikian. Namun di zaman teknologi sekarang ini, belajar mengenal budaya pun dapat lebih mudah. Semudah memegang ponsel Anda!

Tinggal download aplikasi budaya-indonesia.org, pengguna bisa mengetahui kekayaan budaya Indonesia dalam genggaman.

Menurut Hokky Situngkir selaklu Presiden Bandung Fe Insitut, aplikasi tersebut merupkan bagian kampanye Gerakan Sejuta Data Budaya yang berjejaring dengan komunitas budaya yang ada di Indonesia.

"Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengetahui data budaya di Indonesia," kata Hokky usai launching Gerakan Sejuta Data Budaya (GSDB) di Saung Angklung Udjo, Senin (9/6/2014).

Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk mengirim atau menambah data budaya yang belum terdata dari sekian banyak budaya yang ada.

"Siapa saja bisa submit lewat aplikasi itu. Selain itu nanti juga ada sayembara. Ada 14 sektor budaya yang bisa dimasukkan datanya. Peserta yang paling kontributif mengirim akan mendapat hadiah," jelasnya.

Hingga hari ini di aplikasi tersebut sudah ada 20 ribu data. Sementara untuk yang mengirimkan data sudah ribuan orang.

"Kita memang benar-benar gerakan sosial media. Selain aplikasi juga ada Twitter kita di @infobudaya," tandasnya.

(avi/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed