Rabu, 12 Mar 2014 10:27 WIB

Bill Gates Bisa Datang ke Indonesia Gara-gara Orang Ini

- detikInet
SBY bersama Bill Gates (setpres) SBY bersama Bill Gates (setpres)
Jakarta - Orang terkaya di dunia, Bill Gates, dijadwalkan tiba di Jakarta awal April mendatang. Ia bisa datang ke tanah air berkat orang terkaya ke-12 Indonesia.

Bos Grup Mayapada sekaligus Pendiri Tahir Foundation, Tahir, merupakan orang yang berhasil mengajak Bill Gates datang ke Indonesia dalam rangka kemanusiaan.

Pria yang pernah menyumbang 10 bus gratis ke Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) bisa dibilang orang kaya paling dermawan di Indonesia. Ia pernah menyumbang uang hingga US$ 100 juta atau sekitar Rp 1 triliun untuk kemanusiaan.

Sumbangan senilai US$ 100 juta ia berikan kepada Bill Gates Foundation. Sebelumnya ia sudah bertemu staff Bill Gates Foundation yang menawarkan sebuah rencana pencegahan penyakit polio yaitu global polio fund.

Konsepnya, lanjut Tahir, Bill Gates Foundation akan memberikan sumbangan 1:1 dengan yang digelontorkan Tahir. Jadi dari Rp 1 triliun yang diberikan Tahir, Bill Gates akan menambahnya dengan Rp 1 triliun juga.

"Saya bilang saya mau untuk Indonesia. Lalu berunding 75% untuk Indonesia, 25% untuk dunia," kata Tahir beberapa waktu lalu ketika berkunjung ke kantor detikcom.

Dengan nada yang sedikit bercanda tahir mengatakaan, dia awalnya hanya ingin membuat kaget staff dari Bill Gates tersebut saat menyebut nilai sumbangan sebesar US$ 1 juta. Namun karena bahasa inggrisnya kurang bagus, ia malah menyebut one hundred million dolar, padahal seharusnya one million dolar.

"Dalam hati saya pikir satu juta dolar, tapi yang diucapkan seratus juta dolar karena bahasa Inggris saya kurang bagus. Tapi ya sudah, tidak saya ralat juga," katanya.

Hal itu pun membuat staff dari Bill Gates tersebut kaget. Karena sebelumnya, Bill Gates Foundation pun mendapatkan sumbangan dari Bernama Group perusahaan asal Malaysia senilai US$ 5 juta. Sedangkan Tahir bisa menyumbangkan hingga US$ 100 juta.

Menurutnya, sumbangan yang didapat untuk mencegah penyakit polio di Indonesia bertambah besar. Sebanyak 75% dari total sumbangan yang diberikan Tahir ditambah yang berasal dari Bill Gates Foundation menjadi senilai US$ 150 juta.

"Sebulan kemudian Bill Gates tulis sama saya pribadi. Dia bilang dia ingin ketemu bulan depan," kata Tahir.

Singkat cerita akhirnya kedua orang kaya dunia tersebut bertemu di Abu Dhabi untuk menandatangani kerjasama global polio fund.

Tahir dan Bill Gates melalui Global Fund, masing-masing telah mendonasikan sebesar US$ 103,5 juta, sehingga terkumpul sebanyak US$ 207 juta.

“Sekitar 75% dana itu disalurkan untuk penanggulangan malaria, TBC, HIV dan KB di Indonesia,” kata Tahir, dalam keterangan tertulis, Rabu (12/3/2014).


Malaria masih menjadi momok di Indonesia. Menurut catatan Badan Kesehatan Dunia (WHO) diperkirakan 50 persen penduduk Indonesia masih tinggal di daerah endemis malaria.

Sedikitnya ada 30 juta kasus malaria terjadi setiap tahunnya di Tanah Air, dengan 30.000 kematian. Survei kesehatan nasional tahun 2001 mendapati angka kematian akibat malaria sekitar 8-11 per 100.000 orang per tahun.

United Nation Development Program (UNDP) juga mengklaim bahwa akibat malaria, Indonesia sedikitnya mengalami kerugian ekonomi sebesar US$ 56,6 juta per tahun. Tren kenaikan prevalensi juga terjadi pada penyakit tropis lainnya seperti demam berdarah dan TBC. Sedangkan penanggulangan HIV-AIDS juga memerlukan perhatian khusus, di samping pengendalian penduduk melalui program KB.

Gates dijadwalkan tiba di Jakarta awal April mendatang. Ia akan meninjau sentra kesehatan masyarakat, bertemu sejumlah orang dermawan Indonesia selain itu juga akan mendonasikan dananya untuk Indonesian Health Fund.

Indonesian Health Fund merupakan lumbung bantuan kesehatan yang khusus menampung donasi para pengusaha dan filantropis di Indonesia.


Artikel terkait:
-. Jika Bill Gates Beli Avanza
-. Buka-bukaan Mengejutkan Bill Gates
-. Siapa Bisa Saingi Rp 1.000 Triliun Bill Gates?
-. Bagaimana Bill Gates Menghamburkan Uang?



(ang/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
Layar Pemilu
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya