Steve Wozniak: Cloud Computing Mengerikan

Steve Wozniak: Cloud Computing Mengerikan

- detikInet
Senin, 06 Agu 2012 16:53 WIB
Steve Wozniak (afp)
Washington - Dunia teknologi sedang memasuki era cloud computing atau komputasi awan. Namun salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, tampak tidak terkesan. Ia malah memprediksi bahwa komputasi awan justru akan mendatangkan masalah besar di masa depan.

"Saya sangat khawatir tentang semua hal yang menuju ke cloud. Saya kira ini akan menjadi heboh. Saya pikir akan ada banyak masalah mengerikan dalam lima tahun ke depan," sebutnya yang detikINET kutip dari AFP, Senin (6/8/2012).

Saat ini memang mulai banyak data yang disimpan di cloud ketimbang di perangkat penyimpanan tradisional seperti hardisk. Lalu mengapa Wozniak yang mendirikan Apple bersama Steve Jobs ini khawatir terhadap era cloud ini?

"Dengan cloud, Anda tidak lagi memiliki apa-apa," kata lelaki bertubuh besar itu. Sebab, user harus setuju dengan penyedia layanan cloud tentang perlakuan terhadap data-data yang disimpannya.

"Semakin kita mentransfer semua hal ke web, ke cloud, semakin sedikit kita mempunyai kontrol terhadapnya," tambah Wozniak yang belum lama ini berkunjung ke Indonesia mengisi sebuah acara seminar.


(fyk/sha)