'Nokia Create for Millions' Diserbu Antusiasme Pengembang Lokal

'Nokia Create for Millions' Diserbu Antusiasme Pengembang Lokal

- detikInet
Minggu, 27 Nov 2011 11:57 WIB
Jakarta - Kontes aplikasi 'Nokia Create for Millions' disambut antusias oleh ratusan pengembang lokal. Saking tingginya animo, Indonesia pun jadi kontestan terbesar yang ikut ajang pengembangan aplikasi global ini.

"Ada 150 submission dari developer Indonesia yang masuk dalam kompetisi ini. Ini menjadikan Indonesia salah satu yang terbesar yang berpartisipasi dalam kompetisi ini," ujar Narendra Wicaksono, Developer Manager Nokia Indonesia kepada detikINET, di Jakarta, Minggu (27/11/2011).

Kontes global ini dibagi menjadi empat kategori. Kategorinya yang pertama adalah info guna, yakni aplikasi web Series 40 yang fokus pasa informasi berita dan berbasis lokal.

Berikutnya kategori seru dan permainan, yakni aplikasi hiburan dan permainan Java. Lalu ada kategori keakraban yakni aplikasi jaringan sosial yang dibuat dengan aplikasi Java atau web. Terakhir adalah kategori akses ke pengetahuan, yakni aplikasi yang meningkatkan kehidupan seperti pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Menariknya, untuk di Indonesia, Nokia Indonesia menambahkan satu kategori yaitu budaya Indonesia.

"Secara global ada empat kategori. Untuk Indonesia kita tambahkan kategori Budaya Indonesia. Ini satu bentuk upaya kami mengangkat budaya Indonesia ke tingkat global melalui aplikasi mobile," terangnya.

Di tingkat global, kontes yang dibuka dari Juni hingga 1 November 2011 ini baru akan diumumkan pada bulan Desember 2011. Namun khusus untuk developer Indonesia sudah diumumkan pemenangnya.

Developer Indonesia yang mampu membuat aplikasi terbaik dengan menggunakan MAP/Location API pada ponsel Series 40 dimenangkan oleh GITS Indonesia dengan aplikasi Toresto. Untuk kategori Fitur Sentuh pada ponsel Series 40 dimenangkan oleh Konsep .NET dengan aplikasi Baby Write Number.

Sedangkan aplikasi Web Apps terbaik pada ponsel Series 40 dimenangkan oleh KomodoDev dengan aplikasi TransJakarta S40. Terakhir untuk kategori memanfaatkan Budaya Indonesia dimenangkan oleh Dongskar Pedongi dari Institut Teknologi Bandung dengan Komodo Park.

"Khusus developer Indonesia kita baru umumkan pemenangnya. Bagi yang belum beruntung, masih ada kesempatan untuk memenangkan kompetisi global dengan total hadiah 1 juta euro. Pemenang akan diumumkan di website Create 4 Millions pada bulan Desember 2011," tutur Narendra.

(afz/rou)